Taguig City Hadirkan Bus Vaksin AstraZeneca untuk Jangkau Masyarakat

0
Bus vaksin yang disediakan Taguig City di Filipina (philstar.com)

Vaksin untuk Covid-19 mulai diberikan secara gencar kepada warga di seluruh dunia. Kehadiran vaksin pun didukung dengan fasilitas yang melengkapinya seperti di Taguig City, salah satu kawasan padat di Metro Manila, Filipina, yang secara resmi meluncurkan bus vaksinasi pada Mei 2021 kemarin.

Baca juga: PO Bus di Myanmar Modifikasi Interior untuk Cegah Penularan Covid-19

Bus ini hadir dan menjadi cara baru serta inovatif untuk memvaksinasi lebih banyak orang. Di mana bus ini digunakan untuk membawa vaksin Covid-19 kepada warga masyarakat yang jauh dari pusat vaksinasi.

KabarPenumpang.com melansir dari laman philstar.com (23/5/2021), bus tersebut akan membawa vaksin jenis AstraZeneca yang disumbangkan oleh fasilitas COVAX ke Baragay Ususan. Menurut Taguig Registry for Access and Citizen Engagement (TRACE) di Baragay Ususan bus akan ada melayani masyarakat selama tiga hari dari 21-23 Mei 2021.

Pejabat Penanggung Jawab Kantor Penerangan Masyarakat Kota Taguig Maricar Brizuela mengatakan, petugas medis yang bertugas di bus vaksinasi dapat menginokulasi hingga 200 orang per harinya. Dalam pelaksanaannya, konseling dan vaksinasi akan dilakukan di dalam bus.

Sedangkan untuk pendaftaran, penyaringan dan pemantauan pasca vaksinasi akan dilakukan di luar bus. Selain di Baragay Ususan, bus vaksin ini juga merupakan tambahan dari fasilitas vaksinasi Covid-19 pemerintah kota yang meliputi Lakeshore hall, mall dan sekolah.

Dari 650 ribu penduduk kota yang memenuhi syarat divaksinasi, lebih dari delapan persennya atau sebanyak 54.287 orang adalah petugas kesehatan, warga lanjut usia dan orang dengan penyakit penyerta. Mereka akan divaksin dengan Sinovac, AstraZeneca, Sputnik V atau Pfizer.

Baca juga: Arrival Hadirkan Konsep Bus Listrik Publik dengan Beragam Fitur Khas Pandemi Covid-19

TRACE menambahkan, pusat vaksin mobile akan memungkinkan akses yang lebih mudah ke vaksin Covid-19 sambil memastikan efisiensi, keamanan dan kenyamanan karena vaksin diberikan kepada mereka yang termasuk dalam kategori A1, A2 dan A3 dari Prioritas Vaksin Covid-19. Bus vaksinasi juga bertujuan untuk menargetkan Taguigeños di daerah yang sulit dijangkau, komunitas rentan, dan mereka yang tidak dapat secara pribadi datang ke pusat vaksinasi Taguig.