Taipei Hadirkan Sistem Inframerah untuk Cek Suhu Tubuh Penumpang MRT

2
Pengecekan suhu tubuh melalui inframerah di stasiun MRT Taipei (taiwannews.com.tw)

Berbagai macam tindakan pencegahan mulai dilakukan perusahaan moda transportasi di dunia. Singapura di stasiun MRT-nya sudah memiliki kios pengecekan suhu tubuh mandiri. Selain itu juga menghadirkan handsanitaizer bagi para pengemudi taksi, bus maupun masinis kereta.

Baca juga: Kios Cek Suhu Tubuh Mandiri Hadir di Stasiun dan Pertukaran Bus Singapura

Tak hanya Singapura, beberapa negara lain juga melakukan hal tersebut seperti di Indonesia yang menghadirkan handsanitaizer di seluruh halte TransJakarta dan stasiun MRT Jakarta. Bahkan kereta maupun bus juga disemprotkan cairan desinfektan ke seluruh sudutnya seperti kursi, lantai, sela-sela hingga pegangan gantung.

Sedangkan di Taipei, MRT-nya akan memasang sistem inframerah di satu pintu masuk Stasiun Utama Taipei. Sistem ini akan membantu mengukur suhu penumpang yang akan naik kereta MRT. Dilansir KabarPenumpang.com dari laman taiwannews.com.tw (29/2/2020), MRT Taipei tidak akan mengizinkan penumpang yang memiliki suhu tubuh diatas 38 derajat Celcius untuk naik kereta.

Jika sistem inframerah tersebut mencatat suhu 37,5 derajat Celcius dan 38 derajat Celcius maka penumpang akan menggunakan termometer manual untuk pengecekan ulang. Nantinya bila hasil terkonfirmasi maka penumpang akan diizinkan masuk. Tetapi petugas MRT akan menyarankan penumpang dengan suhu tubuh 37,5 dan 38 derajat Celcius untuk berobat ke dokter atau ke perawatan medis sesegera mungkin.

Hal terparahnya adalah ketika suhu tubuh terdeteksi inframerah di atas 38 derajat Celcius maka penumpang akan ditolak masuk ke stasiun MRT dan akses kereta pun tertutup untuk mereka. Pejabat MRT Taipei mengatakan, sistem inframerah ini juga akan dipasang di stasiun tersibuk bila memang diharuskan.

Pelarangan naik kereta MRT pun juga dilakukan oleh pihak MRT Jakarta yang mengatakan jika penumpang memiliki suhu tubuh diatas 38,5 derajat Celcius tidak diperkenankan naik kereta. Tetapi penumpang akan disarankan untuk berobat ke dokter atau ke rumah sakit terdekat.

Baca juga: Cegah Virus Corona, Otoritas Angkutan Darat Singapura Bagikan 300 Ribu Masker ke Sopir Taksi

MRT Jakarta saat ini diketahui melakukan pengecekan baru di Stasiun MRT Lebak Bulus Grab. Nantinya pengecekan suhu tubuh ini juga akan ada di seluruh stasiun MRT. Diketahui, orang terinfeksi virus corona di Taipei sebanyak 39. Sedangkan Indonesia yang dinyatakan positif ada dua orang dan kini kondisinya berangsur membaik.

2 COMMENTS

  1. Berbagai macam tindakan pencegahan mulai dilakukan perusahaan moda transportasi di dunia. Tindakan ini sangat bagus sekali, karna untuk mencegah virus yg tidak di inginkan. Pencegahan yg dilakukan adalah memiliki kios pengecekan suhu tubuh mandiri, menghadirkan handsanitaizer. Saran saya, diseluruh dunia harus melakukan ini untuk di transportasi, untuk menetralisir kan virus virus yg tidak di inginkan.

Leave a Reply