Tak Ada Info Jumlah Kursi di KAI Access, Warganet Berkicau di Twitter. Ini Tanggapan PT KAI

Aplikasi KAI Access yang diperbaharui atau di update pengguna memberikan tampilan terbaru pada kolom ketersediaan kursi di kereta api. Karena hal ini beberapa warganet sempat kaget dan melayangkan pertanyaan-pertanyaan terkait hal tersebut ke akun Twitter milik PT KAI @KAI121.

Baca juga: Jelang HUT PT KAI Ke-73, Promo Tiket Bertebaran Untuk Anda

Berikut ini keluhan beberapa warganet terkait masalah tulisan tersedia tanpa jumlah kursi seperti biasanya. @cbudhinastiti: Dear @KAI121 … app kai setelah saya update kok, keterangan kursi hanya tertulis “tersedia” sebelumnya kan di jelaskan betul berapa sisa kursi. Skrg jadi susah memantau sisa kursi nih min.. jika “tersedia” artinya sisa kursi lebih dari berapa? Thanks.

@Ichsanzramadhan: Min @KAI121 ko apk kai akses jadi kurang enak yaa jadi ga detail, soalnya jadi gada keterangan jumlah kursi yg masih tersedia, gakaya yg kemaren masih ada ket kursi yg masih tersedia.

Screenshoot dari aplikasi KAI Access terkait jumlah ketersediaan kursi (KabarPenmupang.com)

Kemudian, dari beberapa keluhan warganet ini, admin Twitter PT KAI menjawab setiap pertanyaan tersebut. “Selamat pagi. Mohon maaf atas ketidaknyamanannya, pada tampilan aplikasi #KAIAccess versi terbaru, bila jumlah tiket yg tersedia masih cukup banyak, maka tidak ditampilkan jumlah ketersediaan tiketnya. Namun bila jumlah tiket yang tersedia kurang dari 10, maka jumlah ketersediaan tiketnya akan muncul. Trims,” balas admin tersebut.

Setelah pihak Humas PT KAI dikonfirmasi, mereka mengatakan memang tidak memunculkan jumlah kursi karena bila lebih dari 50 akan tertulis tersedia yang artinya kursi masih banyak.

Baca juga: Ada Nomor Identitas di Tiket dan Boarding Pass Kereta? Ini Penjelasan dari PT KAI

“Jadi KAI hanya menampilkan jumlah sisa seat 50 seat ke bawah untuk mengingatkan kepada calon penumpang yang hendak membeli tiket KA. Kalau lebih dari 50 seat yang tersedia itu tidak akan muncul di fitur KAI Access,” ujar Kepala Humas PT KAI Agus Komarudin yang dihubungi KabarPenumpang.com, Selasa (25/9/2018).

KabarPenumpang.com awalnya mengecek ketersediaan kursi pada aplikasi sebelum di update dan berapapun jumlahnya tertera. Kemudian setelah di update hanya tertera tulisan tersedia, sedangkan tulisan jumlah kursi sisa di bawah 50 tertera dengan angka seperti yang dikatakan pihak PT KAI.