Thursday, June 13, 2024
HomeHot NewsTak Ada Logo "Z" Lagi di Pesawat Zipair Tokyo, Ini Sebabnya

Tak Ada Logo “Z” Lagi di Pesawat Zipair Tokyo, Ini Sebabnya

Siapa sangka jika Perang Rusia vs Ukraina membawa dampak ‘langsung’ pada Zipair Tokyo, yakni maskapai berbiaya murah asal Jepang – anak perusahaan JAL (Japan Airlines). Dampak yang dialami Zipair bukan terkait pembatasan rute penerbangan, melainkan karena ikon huruf “Z” yang selama ini melekat sebagai logo maskapai di vertical stabilizer armada pesawatnya.

Baca juga: Zipair Tokyo, Maskapai Berbiaya Murah Terbaru dari Jepang, Mengudara 14 Juli 2020!

Dikutip dari cnn.com (20/6/2022), ketika invasi Rusia ke Ukraina mendekati empat bulan, Zipair telah mengumumkan rencana untuk mengubah corak logonya di tengah kekhawatiran dari penumpang bahwa tampilannya saat ini dapat menunjukkan bahwa maskapai ini mendukung invasi Rusia. Zipair yang berbasis di Tokyo telah mengumumkan bahwa mereka akan menghapus “Z” dari sirip ekornya per 18 Juni 2022, dan menggantinya dengan pola garis-garis geometris.

Pola garis-garis geometris pada logo Zipair Tokyo.

Desain ulang awalnya direncanakan sebagai perombakan sebelum invasi Rusia, yakni untuk menandai pelonggaran pembatasan perjalanan pandemi oleh Jepang, dan dipresentasikan pada konferensi pers yang mengumumkan rute baru maskapai itu dari Tokyo ke San Jose, California.

Namun, Shingo Nishida, Presiden Direktur Zipair, mengungkapkan pada konferensi pers bahwa klien (penumpang) Zipair telah menghubungi maskapai, dan menyatakan keprihatinan mereka atas logo maskapai yang ada. Sebagai informasi, logo “Z” telah digunakan sejak tahun 2018. Sementara, militer Rusia telah menggunakan “Z” untuk melambangkan kemenangan dalam invasinya di Ukraina.

Juru bicara Zipair mengatakan,”Kami dapat mengkonfirmasi bahwa kami telah menerima sejumlah komentar pelanggan mengenai perasaan mereka terhadap desain livery saat ini. Sebagai perusahaan transportasi umum, kami menyadari bahwa surat tersebut telah ditunjukkan di berbagai saluran media dalam skala global dan bagaimana desain dapat dipahami secara negatif.”

Ia menambahkan, “Meskipun pelanggan mengakui dan memahami bahwa logo kami dibuat pada tahun 2018, artinya jauh sebelum situasi saat ini, mereka berbagi keprihatinan mereka sebagai cara untuk menunjukkan dukungan kepada maskapai.”

Baca juga: Zipair Tokyo Layani Penerbangan Penumpang Perdana Sekalipun Hanya 2 Orang

Alih-alih mengecat ulang armadanya secara bertahap, pesawat Zipair mulai 18 Juni pada bagian sirip ekornya ditutupi dengan stiker. Pesawat kemudian akan dicat ulang secara bertahap, mulai Desember 2022 untuk tanggal penyelesaian pada musim semi 2023.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Yang Terbaru