Tak Hanya Mobil, Motor pun Dilengkapi HUD yang Terintegrasi dengan Helm!

0
HUD pada sepeda motor. Foto: Aegis Rider

Tampilan Head Up Display (HUD) untuk pengendara sepeda motor sudah lama dinanti kehadiranya. Tak semudah menghadirkannya di mobil, selama bertahun-tahun upaya tersebut selalu kandas. Tetapi, itu dulu. Sekarang, pengendara sepeda motor sudah bisa menikmati sederet fitur HUD canggih yang meningkatkan keselamatan dan keamanan saat berkendara.

Baca juga: Hyundai Mobis Rilis Tampilan HUD Clusterless Pertama di Dunia

Kita tahu, baik mengendarai sepeda motor maupun mobil, keduanya sama-sama membutuhkan fokus. Lengah sedikit, kecelakaan mengintai. Namun, fatality rate antara kecelakaan sepeda motor dengan mobil jelas lebih besar sepeda motor. Sebab, setiap benturan dengan jalan atau benda tumpul lainnya langsung mengenai tubuh pengendara.

Karena itu, tampilan HUD pada pengendara sepeda motor sebagai fitur keselamatan dan keamanan tambahan penting dihadirkan, dan itu dijawab oleh tim peneliti dari ETH Zurich atau Institut Teknologi Konfederasi Zürich, Swiss, lewat proyek Aegis (Advanced Guardian System).

Dilansir New Atlas, HUD untuk pengendara sepeda motor ini terintegrasi pada helm pengendara. Dengan overlay augmented reality AI, pengendara disajikan berbagai tampilan berupa speedometer dan kemiringan motor atau pengendara.

Kemiringan motor memang tak terlalu penting, mengingat intuisi masing-masing pengendara pasti bekerja dalam mengukur seberapa miring mereka sebelum jatuh tergelincir. Demikian juga dengan tampilan speedometer pada HUD Aegis ini.

Sebab, bila dirasa terlalu kencang, tentu pengendara akan memperlambat laju kendaraan. Kecuali jika motor bisa masuk tol. Ini tentu bermanfaat agar motor tak dipacu melewati ambang batas kecepatan yang diperbolehkan.

Lain halnya dengan fitur keselamatan berupa peringatan dengan warna yang berbeda pada overlay augmented reality AI di HUD Aegis yang terintegrasi dengan (kaca) helm tadi.

Dengan kamera khusus yang menempel pada helm, didukung oleh deep learning and object recognition, pengendara senantiasa diingatkan akan adanya bahaya di depan dengan adanya deteksi dini, seperti pejalan kaki, trotoar, kendaraan lain di lajur atau arah berlawanan dan di lajur yang sama, dan lain sebagainya.

Baca juga: Celana dengan Airbag, Hindarkan Pengendara Sepeda Motor dari Cidera Kaki

Fitur ini yang dirasa sangat penting. Terkadang, manusia bisa lengah akibat satu dan lain hal. Dengan dukungan teknologi HUD Aegis Rider ini tentu akan menambal kelengahan tersebut agar pengendara tetap bisa berhati-hati terhadap seluruh objek yang berpotensi menjadi penyebab kecelakaan, seperti pada video di bawah ini.

Melengkapi itu, ada juga fitur guiding line yang sangat berguna dalam mengingatkan pengendara sepeda motor agar selalu berada di tengah jalur serta keluar atau tidaknya mereka dari lajur yang benar.