Tak Lagi Diperagakan Awak Kabin, Instruksi Keselamatan Japan Airlines Hadir Dalam Bentuk Video Lucu

0
Sumber: simpleflying

Mengingat instruksi keselamatan yang selalu diperagakan awak kabin sesaat sebelum pesawat tinggal landas sudah kerap kali diabaikan oleh penumpang, maka dari itu maskapai asal Negeri Matahari Terbit, Japan Airlines (JAL) berinisiasi untuk meluncurkan video keselamatan baru yang akan diputar di layar entertainment. Sudah bukan menjadi rahasia umum, sikap acuh tak acuh penumpang membuatnya kebingungan ketika tengah dihadapkan pad situasi darurat – padahal poin tersebut sudah disinggung pada instruksi keselamatan.

Baca Juga: Japan Airlines Terjun Ke Segmen Low Cost Carrier

Seolah menggantikan peran dari peragaan yang dilakukan oleh awak kabin, video ini akan menampilkan sejumlah potensi masalah yang bakal muncul di dalam sebuah penerbangan dan bagaimana cara mengatasi permasalahan tersebut.

“Video keselamatan menampilkan potensi masalah yang ada di dalam kabin serta memberitahu penumpang tentang jalur evakuasi semisal ada suatu hal darurat terjadi,” tulis pihak maskapai dalam siaran pers.

“Video ini mencakup skenario realistis yang menggambarkan situasi potensial mungkin terjadi jika penumpang mengambil tindakan yang tidak tepat,” lanjutnya.

Video keselamatan ini sendiri menampilkan karakter seorang penumpang yang dikonversi ke dalam bentuk 3D – dan tentu saja mencantumkan bahasa Jepang dan Inggris sebagai subtitle-nya.

Jika dirangkum, beberapa poin penting yang ditayangkan pihak JAL dalam video ini mencakup:

1. Cara mengencangkan dan mengendurkan safety belt,
2. Larangan merokok selama penerbangan,
3. Panduan menggunakan gadget,
4. Cara menggunakan masker oksigen dalam keadaan darurat,
5. Lokasi pintu keluar darurat, dan
6. Cara menggunakan pelampung keselamatan.

Namun, di sini penumpang tidak akan bosan ketika melihat video keselamatan ini. Ya, di dalam video berdurasi kurang lebih tiga menit ini juga Anda dapat melihat efek jika Anda tidak mematuhi peraturan yang berlaku dengan menyisipkan unsur humor di dalamnya.

Baca Juga: 1 Agustus 1951, Japan Airlines Resmi Berdiri dengan Modal 100 Juta Yen

Sebut saja seperti orang yang tidak mengenakan sabuk pengaman akan terpental ketika pesawat mengalami turbulensi, atau barang-barang penumpang akan beterbangan ke sana ke mari ketika mereka tidak menyimpannya dengan benar.

Bagi Anda yang penasaran, berikut video keselamatan yang ada di dalam maskapai Japan Airlines.

 

Leave a Reply