Tak Perlu Make Up, Kini Pramugari Virgin Atlantic Bisa Tampil Natural

(Stuff.co.nz)

Awak kabin pria memang tak pernah menggunakan riasan atau make up dalam pekerjaannya dalam penerbangan. Namun bagaimana bila hal tersebut dilakukan para pramugari yang akan melayani penumpang tetapi tidak memakai make up sama sekali?

Baca juga: Aturan dan Etika Tata Rias Awak Kabin Masih Mengacu Ke Standar Era 60-an

KabarPenumpang.com melansir dari laman fastcompany.com (4/3/2019), baru-baru ini Virgin Atlantic telah memutuskan untuk membuat beberapa perubahan dalam kebijakan penataan dan perawatan yang memungkinkan lebih banyak pilihan bagi para pramugarinya. Seorang perwakilan untuk Virgin Atlantic mengatakan, pramugari tak lagi diharuskan memakai riasan saat bekerja.

“Dalam perubahan signifikan untuk industri penerbangan, awak kabin perempuan kami tidak lagi diharuskan memakai riasan apa pun, jika mereka memilihnya,” ujar juru bicara itu.

Tetapi Virgin Atlantic tetap memperbolehkan pramugari mereka bila tetap menggunakan lipstik, bedak dan riasan lainnya yang ditetapkan oleh maskapai dalam panduannya. Bila dikatakan, menggunakan riasan sudah terlampau lama dengan kemudian mengaplikasikan semuanya di wajah. Hal itu bisa memakan waktu dan uang lebih banyak dibandingkan awak kabin pria.

Tak hanya itu, dengan sebuah riasan dalam panduan yang seharusnya, bisa membuat pramugari menjadi incaran yang potensial dalam pelecahan di kabin.

“Kami telah mendengarkan pandangan orang-orang dan sebagai hasilnya telah mengumumkan beberapa perubahan pada kebijakan gaya dan penampilan pada awak pesawat,” ujar Mark Anderson, Wakil pPresiden Eksekutif Layanan Pelanggan Virgin Atlantic.

“Tidak hanya pedoman baru ini menawarkan tingkat kenyamanan, mereka juga memberi tim kami lebih banyak pilihan tentang bagaimana mereka ingin mengekspresikan diri di tempat kerja. Membantu orang menjadi diri sendiri adalah inti dari keinginan kami untuk membentuk karakrer perusahaan ini.”

Tak hanya memperbolehkan pramugarinya tanpa riasan, Virgin Atlantic juga mengonfirmasi bahwa celana panjang bisa digunakan sebagai opsi seragam standar saat bergabung dengan kru. Celana panjang selalu bisa digunakan pramugari daripada menawarkannya hanya atas permintaan.

Baca juga: Kerap Alami Pelecehan, Cathay Pacific Bakal Ganti Seragam Awak Kabin

Sebelumnya, lipstik merah, maskara hitam atau coklat, eye shadow dalam nuansa netral, coklat dan abu-abu wajib digunakan sebagai pedoman tata rias. Untuk diketahui, kebijakan riasan wajah baru akan berlaku sekarang, dan celana panjang akan diberikan kepada semua anggota kru mulai bulan Juli mendatang.