Taksi Air Jadi Salah Satu Solusi Transportasi Bagi Warga Kerala di India

0
taksi air Kerala (timesofindia.indiatimes.com)

India mulai mengambangkan taksi air dan Departemen Transportasi Air Negara Bagian (SWTD) dari Alappuzha di Kerala, India meluncurkannya pada 15 Oktober 2020. Menteri Utama Pinarayi Vijayan meresmikannya pukul 11.30 waktu setempat melalui konferensi video.

Baca juga: Taksi Air Thunder, Gaya Baru Menyusuri Kanal di Venesia

KabarPenumpang.com melansir timesofindia.indiatimes.com (14/10/2020), Direktur SWTD Shaji V Nair mengatakan, ini adalah layanan taksi air pertama di India dan akan dioperasikan dari Dermaga perahu Alappuzha. Orang bisa menyewa taksi dari mana saja di distrik Alappuzha tersebut.

Tarif taksi ini per jamnya cukup mahal yakni Rs1500 atau sekitar Rp301 ribu. Rute taksi air dapat mencapai Kottayam dari Alappuzha dalam waktu satu jam. Nair mengatakan, saat ini orang dapat menyewa taksi di jalan raya jika mereka tidak punya waktu untuk bepergian dengan bus atau kereta api.

Tetapi mereka tidak memiliki opsi taksi seperti itu di perairan dan operator kapal swasta mengenakan tarif yang tinggi. Sehingga taksi air ini akan menjadi anugerah bagi masyarakat untuk mencapai tujuan mereka melalui jalur air.

“ Taksi air dapat dengan mudah mencapai tujuannya karena tidak akan ada halangan lalu lintas di jalur air. Jika seseorang ingin mencapai sebuah rumah di Kuttanad saat ini, mereka harus melakukan perjalanan dengan perahu SWTD yang berhenti di hampir semua dermaga perahu dan mereka juga perlu berjalan jauh dari dermaga perahu ke rumah mereka. Tapi taksi air akan menurunkan penumpang kami di depan pintu rumah-rumah di Kuttanad tanpa berhenti di mana pun. Layanan taksi air juga akan memberikan pengalaman berbeda bagi para wisatawan,” kata Nair.

Dia menjelaskan, bagi masyarakat yang akan menggunakan layanan taksi air, mereka bisa menghubungi 9400050325,9400050322. Nair menambahkan, sebuah kapal katamaran yang digunakan untuk taksi air bertenaga diesel dengan kapasitas tempat duduk untuk sepuluh penumpang.

Kapal bermesin diesel tempel berkekuatan 250 kuda yang didatangkan dari Swedia ini dapat melaju dengan kecepatan maksimum 19 knot (35 km per jam). Ini memiliki power steering listrik. Kapal juga memiliki panel surya di atasnya untuk memenuhi semua kebutuhan daya termasuk lampu, kipas angin, dan sistem kontrol.

Baca juga: Urai Konsentrasi Kepadatan Lalu Lintas Darat, Phnom Penh Hadirkan Layanan Taksi Air Perdananya!

Selain itu, taksi air di Alappuzha, tiga taksi air lagi akan segera diluncurkan. Di mana layanan taksi air kedua diharapkan akan diluncurkan di Ernakulum pada November mendatang.

Leave a Reply