Taksi Air Thunder, Gaya Baru Menyusuri Kanal di Venesia

0

Siapa yang tidak kenaldengan salah satu moda transportasi air khas Venesia, gondola? Ya, kendati gondola ini memang kerap dianggap oleh sebagian orang sebagai moda transportasi yang romantis, namun sebuah firma desain asal Venesia, Nuvolari Lenard dikabarkan telah memoderinasi gondola dengan meluncurkan taksi air kembangannya, Thunder. Sepintas, taksi air Thunder ini memiliki penampakan layaknya sebuah speed boat berukuran mini dengan balutan desain kayuk lasik nan apik, lho!

Baca Juga: Italia (1) – Menjajal Transportasi di Venesia, Tak Beda Jauh dengan TransJakarta

Sebagaimana yang dilansir KabarPenumpang.com dari laman newatlas.com (5/5/2020), taksi air Thunder ini mampu menampung maksimal 14 penumpang dalam sekali perjalanan. Thunder-pun dilengkapi dengan sistem propulsi hibrida diesel-listrik yang dirancang khusus untuk mereduksi emisi. Walhasil, taksi air Thunder ini menawarkan perjalanan romantis ala Venesia yang bebas emisi, dipadukan dengan penggunaan mesin diesel yang sudah terkenal kuat.

Dua petinggi Nuvolari Lenard, Carlo Nuvolari dan Dan Lenard mengatakan bahwa kota Venesia dapatmengambil manfaat dari hadirnya taksi air seperti yang mereka berdua kembangkan – setidaknya untuk moda transportasi berkelanjutan di masa yang akan datang. Mengangkat topi kini pada perhelatan Venice Boat Show tahun 2019 lalu, duo ini menambatkan opsi mereka pada tenaga hibrida diesel-listrik untuk menjadi cikal bakal dari masa depan transportasi Venesia yang lebih ramah lingkungan.

Menurut mereka, perpaduan dua tenaga ini sangatlah cocok untuk kondisi Venesia – mesin diesel menawarkan ketangguhan operasional, sedangkan tenaga listrik dapat digunakan untuk melakukan penjelajahan low-speed di kanal-kanal Venesia. Sebagai bocoran, taksi air Thunder ini mengeluarkan daya hingga 306HP dengan kapasitas tangka diesel mencapai 190-L.

Sebagaimana yang sudah disebutkan di awal, taksi air Thunder ini memiliki desain kayu klasik – dimana ornamen kayu berlapiskan fiberglass menghiasi hamper semua bagian atas kapal. Interiornya tak kalah unik, Anda bisa menemukan 14 seat sofa bercorak klasik dengan penempatan berhadap-hadapan.

Baca Juga: Surga Kanal Transportasi, Tak Hanya di Venesia Lho!

Vizianello selaku pembuat prototipe dari taksi air ini mengatakan bahwa Thunder memiliki panjang kurang lebih 30 kaki atau yang setara dengan 9,2 meter. Vizianello yang juga terkenal sebagai creator taksi air kenamaan asal Venesia juga menyebutkan bahwa Thunder dapat dipersonalisasi kedalam beberapa konfigurasi, termasuk tender superyacht. Menarik, bukan?

Usut punya usut, Nuvolari Lenard juga berencana untuk mengembangkan taksi air bertenagakan sel hidrogen dan kabarnya, perusahaan ini tengah dalam proses negosiasi dengan salah satu produsen otomotif kenamaan asal Asia.

Leave a Reply