Taksi Hybrid Plug-In Diluncurkan Geely di Tokyo

0
TX Hybrid Plug-in

Bagaimana jika pelancong ke Tokyo dan melihatnya seperti berada di London? Mungkin ini akan terasa aneh apalagi kalau taksi berwarna hitam mulai berseliweran di jalan-jalan Tokyo.

Baca juga: Blue Bird Gunakan Mobil Listrik Tesla untuk Armada Taksi Terbaru

Nah, baru-baru ini London Electric Vehivle Company (LEVC) meluncurkan varian taksi hybrid plug-in TX nya di Tokyo, Jepang. Taksi ini akan diimpor dan didistribusikan di Jepang oleh Fleetway and Service Company yang bebasis di Yokohama.

KabarPenumpang.com melansir laman autonews.com (20/1/2020), Geely yang sudah mengakuisisi LEVC ini mengatakan, penjualan kendaraan akan mulai dibuka bulan Februari dan pengirimannya ke pelanggan akan dimulai pada kuartal kedua. Taksi ini sendiri didesain ulang dengan menggunakan tenaga listrik dan ditargetkan menjadi taksi antar-jemput premium.

Sebab taksi ini memiliki ruang yang cukup besar untuk penumpang sebanyak enam orang, akses kursi roda dan teknologi eCity hybrid plug-in. Bisa dikatakan, taksi ini mode elektrik pertama LEVC yang mampu melaju sejauh 81 mil atau sekitar 130 km dengan baterai lithium yang terisi penuh. Menjadi nol emisi, rentang listrik murni taksi ini bisa mencakup 607 km berkat mesin bahan bakan 1,5 liter yang bersumber Volvo.

Sedangkan ICE bertindak sebagai range-extender untuk paket baterai 31 kWh dan motor listrik dipasang di bagian belakang dengan 110 kW. Geely mengatakan, taksi hybrid plug-in ini sudah melebihi aturan taksi Jepang dengan berbagai fitur dan kelegaan di dalamnya.

Penjualan yang akan mulai dilakukan pada Februari tersebut, pihak LEVC tidak menyebutkan harga untuk taksi TX tersebut dan mengatakan operator bisa mengaksesnya. Industri taksi Jepang saat ini memiliki 240 ribu armada yang beroperasi dengan 50 ribu di antaranya beroperasi di Tokyo.

“TX listrik akan menetapkan standar baru di seluruh Jepang di pasar taksi dan antar-jemput premium, penumpang, pengemudi, dan operator armada yang menyenangkan sama. Kami menantikan untuk melihat TX di jalan-jalan Tokyo dan melintasi kota-kota di seluruh Jepang, “kata Joerg Hofmann, CEO LEVC.

Baca juga: Nissan Leaf, Mobil Listrik Favorit Perusahaan Taksi dan Pengguna Pribadi

Diketahui, TC hybrid plug-in diluncurkan pertama kali pada awal 2018 lalu. Selain di Inggris, taksi ini sudah tersedia di Jerman, Perancis, Swiss, Denmark dan Malaysia. Pihak Geely mengatakan, penjualan akumulatif taksi tersebut secara global kini mencapai 3800.

Leave a Reply