Tandingi Layanan Dunia Dirgantara, Otoritas Kereta Api Rusia Siap Ganti Kereta Sleepers Legendaris

Sumber: themoscowtimes.com

Berita mengejutkan datang dari Negeri Beruang Merah dimana otoritas setempat berencana untuk memberhentikan layanan sleepers train kelas ekonomi yang legendaris pada tahun 2025 kelak. Ya, sleepers train kelas ekonomi ini tidaklah sama dengan kebanyakan sleepers train di kebanyakan negara, karena The Platzkart – nama dari kereta ini, memiliki kasur yang terbuka pada kedua sisi gerbong, tanpa pintu atau sekat, dan bertumpuk dua ke atas.

Baca Juga: Bersanding Dengan Trans-Siberia, Rusia Siap Bangun Jaringan Kereta Cepat Moskow-Kazan!

The Plazkart sendiri sudah menjadi solusi transportasi yang cukup ramah di dompet dan namanya cukup tersohor seantero Rusia. Dikutip KabarPenumpang.com dari laman themoscowtimes.com, pemberhentian layanan sleepers train ini memang sudah direncanakan oleh Russian Railways sebagai upaya untuk memerangi persaingan dengan pihak maskapai dengan memasang target 1,4 miliar penumpang pada tahun 2025 kelak.

Alih-alih diberhentikan begitu saja, Russian Railways nantinya akan mengganti The Plazkart dengan moda yang lebih anyar dan modern terhitung sejak tahun 2019 ini – bahkan tidak sedikit dari kereta-kereta ini yang menggunakan transmisi otomatis. Tidak hanya itu, seorang juru bicara dari Russian Railways juga mengatakan bahwa kereta hasil pembaruan ini kelak akan menyajikan kenyamanan kepada penumpang – dan tetap menganut konsep sleepers train.

Kepada media setempat, ia membocorkan bahwa kelak, Russian Railways akan menggunakan produksian lokal, Transmashholding.

Tidak hanya itu, salah satu langkah visioner dari Russian Railways adalah mereka bakal melakukan peremajaan terhadap kereta-keretanya yang sudah berumur 12 setengah tahun – seperti ditambahkan colokan USB dan berbagai bentuk kenyamanan lainnya.

Sebagai upayanya untuk meningkatkan kenyamanan bagi penumpang, kelak Russian Railways akan meningkatkan kecepatan keretanya, mereduksi polusi suara yang dihasilkan, pun dengan getaran yang dihasilkan oleh kereta, nantinya akan dihasilkan seminimal mungkin.

Baca Juga: Jepang dan Rusia Sepakat Kembangkan Jalur Kereta Kargo Trans-Siberia

Bagi warga Rusia, tidaklah mudah untuk meninggalkan dan mengganti The Plazkart begitu saja – karena layanan ini sudah cukup lama beroperasi di Rusia. Maka dari itu, otoritas terkait tidak akan mengganti begitu saja The Plazkart, melainkan secara bertahap.

Sebagai informasi tambahan, penggunaan sleepers train di Rusia bukanlah hal aneh, mengingat jarak yang ditempuh untuk kereta antar kota terbilang sangat jauh.