Tanggap Wabah Corona, Airbus Produksi Visor APD dengan Printer 3D

0
Visor hasil pencetakan printer 3D Airbus. Foto: Airbus via Avweb

Produsen pesawat asal Eropa, Airbus, dikabarkan telah mulai menggunakan fasilitas pencetakan 3D di Spanyol untuk memproduksi visor pelindung (APD) untuk berbagai rumah sakit sebagai respons terhadap pandemi virus corona. Juru bicara Airbus mengatakan, saat ini, fasilitas pencetakan tersebut sudah menghasilkan ratusan visor dengan menggunakan lebih dari dua puluh printer 3D. Peralatan tersebut umumnya didistribusikan ke rumah sakit di dekat fasilitas perakitan Airbus di Spanyol.

Baca juga: Tujuh Penerbangan Ini Tak Lazim Akibat Corona, Nomor 6 Paling Aneh!

“Semalam, kami telah beralih dari membuat konsep ruang angkasa menjadi peralatan medis. Ini benar-benar membuat perbedaan dalam perang melawan pandemi Covid-19 dan saya tidak bisa berbangga diri melihat tim kami yang bekerja siang dan malam di proyek Airbus ini,” ungkap kepala Airbus Protospace, Alvaro Jara, seperti dikutip dari avweb.com.

Selain untuk sementara waktu fokus memproduksi visor APD, Airbus juga mengumumkan bahwa mereka untuk sementara waktu juga menghentikan semua kegiatan produksi apapun yang tidak penting di Spanyol hingga 9 April. Penutupan ini tak lepas dari arahan otoritas Spanyol sebagai bagian dari langkah-langkah pencegahan guna menekan penyebaran virus corona serta jatuhnya korban yang lebih banyak. Pasalnya, bersama Italia, Perancis, dan Inggris, Spanyol menjadi negara episentrum penyebaran virus corona di Eropa dengan jumlah kasus positif dan angka kematian per hari yang cukup tinggi.

Akan tetapi, visor bukanlah satu-satunya kontribusi Airbus dalam membantu Eropa memerangi penyebaran virus corona. Sebelumnya, perusahaan patungan antara Jerman, Perancis, dan Spanyol tersebut juga telah berkomitmen untuk memproduksi ventilator. Ventilator tersebut nantinya akan diserahkan ke berbagai rumah sakit di Inggris. Lewat sebuah konsorsium yang dikomandoinya, bersama perusahaan teknologi ternama di Negeri Ratu Elizabeth tersebut, Dyson, Airbus dilaporkan akan segera memproduksi 30 ribu ventilator.

Dalam proyek tersebut, Airbus ikut terlibat dalam penyediaan desain tiga dimensi dan fasilitas. Sadar produksi akan lebih cepat bila dilakukan bersama-sama, Airbus, melalui Ventilator Challenge UK kemudian menggandeng berbagai perusahaan lainnya, seperti Smiths Medical, dari Luton untuk membuat desain ventilator, serta Penlon, manufaktur medis yang berbasis di Abingdon, Oxfordshire.

Baca juga: Keren, Penjualan Pesawat Sepi, Airbus Produksi Ventilator Lawan Corona

Tak hanya berkontribusi di Inggris dan Spanyol, Airbus juga turut berkontribusi di Perancis serta Jerman dan Italia. Di Perancis, Airbus turut membantu pemerintah memerangi virus corona dengan mengerahkan armadanya. Mulai dari mengangkut pasokan media, seperti masker dan peralatan kesehatan dari Cina hingga mengangkut pasien untuk segera dirawat di berbagai rumah sakit di luar Paris atau kota-kota besar lainnya yang notabene sudah tak mampu lagi menampung.

Serupa dengan yang dilakukan di Perancis, Airbus juga turut membantu memerangi Covid-19 dengan membantu perpindahan pasien dari Italia ke Jerman lewat armada Airbus A-310, mengingat kondisi di kedua negara tersebut cukup berbeda. Jerman, sekalipun terus mengalami penambahan kasus positif, namun penanganan pasien Covid-19 di sana cukup baik sehingga angka kematian sangat kecil. Berbanding terbalik dengan Italia yang terus mengalami lonjakan angka kematian pasien corona akibat penanganan serta teknologi yang tak seciamik Jerman.

Leave a Reply