Tarif Rapid Test Antigen di Daop 8 Surabaya Turun Harga

0
Stasiun Gubeng Baru. Sumber: Heritage - Kereta Api Indonesia

Menikmati perjalanan dengan kereta api di masa pandemi, penumpang diwajibkan menunjukkan hasil negatif dari tes rapid antigen, PCR maupun GeNose. Di mana di beberapa stasiun KAI menyediakan lokasi pemeriksaan GeNose maupun rapid antigen sehingga memudahkan penumpang kereta jarak jauh untuk melakukan pemeriksaan.

Baca juga: Tes GeNose C19 Berlaku Penyesuaian Tarif, Kini Menjadi Rp30 Ribu

Namun, belum lama ini PT Kereta Api Indonesia (KAI) menurunkan tarif pemeriksaan rapid test antigen untuk penumpang perjalanan jarak jauh. Tarif rapid antigen ini awalnya Rp105 ribu menjadi Rp85 ribu dan hasilnya berlaku selama 3×24 jam sejak dilakukan pengambilan sample.

“Penurunan tarif ini berlaku mulai 9 April 2021 di seluruh stasiun yang melayani pemeriksaan rapid test antigen,” kata Luqman Arif, Manajer Humas PT KAI Daerah Operasional (Daop) 8 Surabaya yang dikutip KabarPenumpang.com dari siaran pers, Jumat (9/4/2021).

Dia mengatakan, penurunan tarif rapid test antigen ini untuk memberikan alternatif bagi calon penumpang kereta api yang ingin melakukan pemeriksaan atau screening Covid-19 di stasiun. Luqman menyebutkan, untuk melakukan pemeriksaan rapid test antigen di stasiun, calon penumpang harus memiliki tiket atau kode booking kereta api jarak jauh yang sudah lunas.

Luqman menegaskan, KAI berkomitmen untuk memastikan seluruh pelanggan kereta api jarak jauh telah memenuhi persyaratan yang telah diatur pemerintah. Sebab bila tidak sesuai maka dilarang melanjutkan perjalanan dan tiket dibatalkan.

Layanan rapid test antigen di Daop 8 Surabaya sendiri tersedia di lima stasiun yakni Surabaya Pasar Turi, Surabaya Gubeng, Malang, Mojokerto dan Sidoardjo. Selain itu saat ini untuk tarif GeNose pun masih dikatakan lebih murah yakni Rp30 ribu.

Baca juga: GeNose, Alat Cek Covid-19 Buatan UGM Siap Diproduksi Massal, Termasuk Akan Digunakan PT KAI

Yang mana masa berlaku hasil tes GeNose hanya 1×24 jam sejak dilakukannya pengambilan sample. Hingga saat ini, dari Daop lain belum ada keterangan lebih lanjut apakah ada penurunan harga tarif rapid test antigen seperti di Daop 8 Surabaya.

Leave a Reply