Tarung Keluarga Boeing 737 vs Keluarga Airbus A320, Siapa yang Akan Menang?

Persaingan dua raksasa di sektor aviasi global – Airbus dan Boeing nampaknya tidak akan pernah surut, karena dua merek dagang ini sama-sama tidak mau ketinggalan dengan kompetitornya hampir di seluruh segmen. Jadi wajar saja jika di luar sana, ada banyak sekali pesawat Boeing dan Airbus yang memiliki kesamaan – walaupun tidak signifikan. Ambil contoh dari pesawat narrow-body kedua perusahaan yang memiliki banyak ‘garis keturunannya’, Boeing 737 dan Airbus A320. Tentu saja, masing-masing perusahaan punya keunggulannya masing-masing, namun mana yang lebih baik?

Baca Juga: Airbus Rencanakan Upgrade Mesin Untuk Varian A320

Jika dibandingkan seri-per-seri, maka sudah jelas bahwa Boeing-lah yang akan memenangkan persaingan ini. Seperti yang diketahui bersama, Boeing 737-100 merupakan generasi dari family Boeing 737 yang diluncurkan pada Februari 1965. First flight dari Boeing 737-100 sendiri terjadi pada 9 April 1967 dan memulai service pertamanya bersama Lufthansa pada Februari 1968.

Sedangkan di tubuh Airbus sendiri, A320 menjadi armada narrow-body pertama yang menjadi penanda tumbuhnya pesawat narrow-body short to medium range di perusahaan asal Eropa tersebut. Airbus A320 pertama kali mengudara (first flight) pada 22 Februari 1987, dan diperkenalkan kepada publik dengan menggunakan livery dari Air France pada 19 April 1988.

Hal tersebut menggambarkan pada sekitar tahun 1988, Airbus datang sebagai kompetitor yang siap untuk merubuhkan kedigdayaan dari Boeing sebagai ‘pemain lama’ dalam bisnis ini.

Sebagaimana yang dikutip KabarPenumpang.com dari laman simpleflying.com (24/3/2019), berikut adalah daftar perbandingan antara keluarga Boeing 737 dan Airbus A320.

Sumber: simpleflying.com
Sumber: simpleflying.com

Jika dilihat dari segi jarak tempuh yang mampu dilakoni oleh masing-masing pesawat, Airbus bisa dibilang mengungguli Boeing – mungkin ini adalah salah satu strategi Airbus untuk menggeser posisi Boeing. Sementara jika dilihat dari load capacities kedua keluarga, Airbus pun mengungguli Boeing, dimana rata-rata penumpang yang dapat diangkut oleh keluarga Boeing 737 hanya berkisar 160 penumpang, sedangkan Airbus dengan keluarga A320-nya unggul dengan angka rataan 185 penumpang.

Di tubuh Boeing sendiri, banyaknya varian dari keluarga 737 menandakan bahwa perusahaan terus melakukan inovasi dan perbaikan guna tidak disalip oleh kompetitor abadinya tersebut.

Baca Juga: Boeing 737 Sabet Predikat Sebagai Pesawat Terlaris Sepanjang Sejarah Aviasi Global

Lalu mana yang lebih populer dari dua keluarga ini? Masing-masing punya predikatnya tersendiri, dimana keluarga Boeing 737 didaulat sebagai pesawat yang paling laku keras di pasar, sedangkan keluarga A320 Airbus menyandang predikat sebagai pesawat paling populer sekarang ini.

Kalah jadi abu, menang jadi arang. Mungkin peribahasa ini tepat untuk menggambarkan persaingan pesawat narrow-body antara Boeing dan Airbus. Masing-masing dari keduanya memiliki keunggulannya tersendiri, dan rata-rata, hampir seluruh maskapai di dunia menggunakan kedua produksian dari dua seteru ini.