Terkendala Segudang Masalah, Emirates ‘Ancam’ Batalkan Pembelian Boeing 777-9

0
Sumber: Bloomberg

Produsen kedirgantaraan terkemuka asal Negeri Paman Sam, Boeing kembali harus menelan pil pahit untuk kesekian kalinya. Bisa dibilang, sektor produksi pesawat komersialnya berbanding terbalik dengan sektor kemiliterannya – dimana titik jatuhnya Boeing pertama kali terjadi manakala varian 737 MAX di-grounded-kan secara massal pasca jatuhnya Lion Air dan Ethiopian Airlines. Setelah melalui serangkaian panjang buntut dari dua kecelakaan yang hanya berselang lima bulan ini, Boeing harus kembali didamprat masalah setelah ditemukannya keretakan pada bagian pickle fork di varian 737 NG.

Baca Juga: Meski Khusus Internal Perusahaan, Boeing Tepati Janji Perlihatkan 777-9

Belum kelar masalah 737 MAX dan 737 NG, kini santer diberitakan CEO Boeing, Dennis Muilenburg mundur dari jabatannya. Terakhir, kabar tidak mengenakkan datang dari Emirates yang kabarnya akan mempertimbangkan kembali untuk menggunakan varian wide body, 777-9. Nampaknya peribahasa “sudah jatuh, tertimpa tangga pula” tidak cukup untuk menggambarkan kondisi Boeing saat ini – namun satu yang pasti, Boeing kini tengah dihadapkan pada satu situasi yang amat serius.

Seperti yang dirangkum KabarPenumpang.com dari berbagai laman sumber, maskapai asal Timur Tengah, Emirates kabarnya akan mempertimbangkan kembali untuk menindaklanjuti pembelian varian 777-9 sebanyak 115 unit yang harusnya mulai dikirim per awal tahun 2020 mendatang. Ini lantaran pihak Boeing sendiri diketahui masih menangguhkan pengujian beban pesawat. Belum lagi kabar yang menyebutkan bahwa pintu kargo pesawat gagal menahan beban dalam uji tegangan saat mendarat dan masalah daya pada mesin GE9X milik General Electric.

Lantaran hal-hal ini, Emirates jadi ragu untuk melanjutkan pembelian varian ini.

“Pada akhir tahun depan kita akan memiliki delapan dari mereka (Boeing 777-9). Sekarang kelihatannya kita tidak akan memiliki satu pun,” ujar CEO Emirates, Tim Clark, dikutip dari laman Reuters (15/10).

Baca Juga: Wow! Mesin Boeing 777X Lebih Besar dari Body 737

Terlepas dari keputusan pihak Emirates yang akan meninjau ulang pemesanan 777-9, American Airlines juga kabarnya akan mempertimbangkan kembali penggunaan dari seri 737 MAX yang sempat grounded. Pihak maskapai sudah membatalkan semua penerbangan dengan 737 MAX hingga 15 Januari 2020. Per harinya, setidaknya ada 140 penerbangan dengan 737 MAX hingga 3 Desember nanti.

Leave a Reply