Terminal 2 Bandara Soetta Diperluas, Mulai Juni 2018 Semua Penerbangan Rute Internasional Pindah ke Terminal 3

Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta

Sebagai hub internasional terbesar di Indonesia, sudah barang tentu banyak dinamika di seputaran Bandara Soekarno-Hatta (Soetta). Kabar terbaru dari bandara ini adalah rencana pemindahan semua penerbangan rute internasional ke Terminal 3 pada Juni 2018 mendatang.

Baca juga: Tak Ada Pembagian Daerah, Angkasa Pura II Kini Kelola Bandara Banyuwangi

Sampai saat ini Terminal 3 Bandara Soetta digunakan untuk melayani penerbangan domestik dan internasional dari Garuda Indonesia, sementara maskapai asing yang sudah menggunakan Termimal 3 adalah China Southern Airlines, Saudi Arabia Airlines, Vietnam Airlines, Korean Airlines, Xiamen Airlines dan China Airlines. Sementara masih ada beberapa maskapai asing yang kini masih beroperasi di Terminal 2 D, Terminal 2E dan Terminal 2F. “Semua penerbangan internasional yang kami miliki akan pindah ke Terminal 3 pada bulan Juni mendatang,” ujar Kepala Humas PT Angkasa Pura II Yado Yarismano.

Yado menambahkan saat ini, setelah semua pengerjaan perluasan terminal selesai, maka terminal tersebut perlu di nilai oleh direktorat jenderal umum penerbangan sipil apakah sudah bisa melayani semua penerbangan internasional atau tidak. Tak hanya itu, nantinya Terminal 1 dan Terminal 2 akan dilakukan perubahan dengan memperluas agar mampu menampung 36 juta penumpang pertahunnya atau lebih banyak dua kali lipat dibanding sebelumnya. Proyek perluasan Terminal 1 dan Terminal 2 akan menelan biaya Rp3,2 triliun dan pengerjaannya akan di tawarkan ke para kontraktor.

“Penawaran untuk Terminal 1 akan dimulai pada bulan Maret, sedangkan untuk Terminal 2 dimulai pada bulan Mei. Maka pekerjaan konstruksi pada tahap pertama akan dimulai lebih cepat,” ujar Direktur Utama AP II Muhammad Awaluddin. Awal mengatakan, perluasan dua terminal tersebut akan selesai pada 2019 mendatang.

Baca juga: April 2017, PT Angkasa Pura II Mulai Groundbreaking Pembangunan Runway Ketiga Bandara Soekarno Hatta

“Perombakan yang akan terjadi pada dua terminal ini tidak akan mengganggu operasi kami, karena akan dilakukan di beberapa bagian, sehingga terminal tetap melayani penumpang. Kami juga tidak akan mengubah arsitekturnya tetapi kami akan menambahkan lebih banyak ruang,” tambah Awaluddin. Diketahui, kini pihak AP II juga tengah bersiap untuk membangun Terminal 4 yang memiliki ukuran kapasitas seperti Terminal 3, bila tak ada aral melintang ground breeaking Terminal 4 akan dilakukan pada 2019 mendatang. .