Ternyata Ini Alasan C-17 Globemaster Angkatan Udara Qatar Pakai Livery Qatar Airways

0
Pesawat C-17 Globemaster Angkata Udara Qatar menggunakan livery maskapai nasional Qatar, Qatar Airways. Foto: Chris Loh/Simple Flying

Pamor pesawat Boeing C-17 Globemaster belakangan naik signifikan pasca evakuasi besar-besaran di Bandara Kabul, Afghanistan, setelah kejatuhan negara tersebut ke tangan Taliban. Tetapi, mungkin tak banyak yang tahu, kalau pesawat ini juga sempat menyita perhatian tahun lalu, ketika Angkatan Udara Qatar menggunakan livery Qatar Airways pada pesawat tersebut.

Baca juga: Beda Pemandangan Evakuasi Warga di C-17 Globemaster India dan Amerika dari Afghanistan

Pada gelaran Kuwait Aviation Show 2020, pengunjung dihebohkan dengan pesawat yang lazim digunakan oleh militer, bukan komersial, tetapi menggunakan livery Qatar Airways, salah satu maskapai penerbangan terbaik di dunia.

Sudah pasti, publik bertanya-tanya gerangan terkait itu, diikuti dengan berbagai diskusi atau mungkin pro kontra penggunaan livery Qatar Airways di pesawat C-17 Globemaster.

Dilansir Simple Flying, Qatar Airways tentu saja tidak mengoperasikan pesawat tersebut. Seperti informasi di awal, pesawat itu dioperasikan oleh Angkatan Udara Qatar. Tetapi, karena keduanya berada di bawah pemerintah Qatar, itu menjadi tampak terlihat normal dan legal.

Angkatan Udara Qatar tercatat memiliki delapan Boeing C-17 Globemaster. Dari jumlah tersebut hanya satu pesawat yang menggunakan livery Qatar Airways.

Meski begitu, yang jadi pertanyaan, mengapa Angkatan Udara Qatar menggunakan livery Qatar Airways?

Alasannya sebetulnya cukup simpel. Penggunaan livery Qatar Airways di pesawat Boeing C-17 Globemaster Angkatan Udara Qatar, pertama di dunia, lebih ke alasan aksesibilitas.

Disebutkan, di hampir banyak bandara sipil di seluruh dunia, pesawat militer tidak diizinkan untuk mendarat. Ketika pesawat menggunakan livery maskapai penerbangan komersial, mereka diizinkan mendarat sekalipun sejak awal memang bukan dimaksudkan untuk penerbangan komersial, penumpang maupun kargo.

Alasan lainnya, livery Qatar Airways di pesawat Boeing C-17 Globemaster Angkatan Udara Qatar ditujukan untuk promosi negara kaya minyak itu melalui berbagai kegiatan amal dan kemanusiaan.

“Skema livery C-17 yang unik ini – yang pertama dari jenisnya – dimaksudkan untuk membangun kesadaran partisipasi Qatar dalam operasi di seluruh dunia,” kata Brigjen Ahmed Al-Malki, pejabat Angkatan Udara Qatar.

Baca juga: Mengenal Sidewall Seats, Kursi C-17 Globemaster yang ‘Hilang’ Saat Evakuasi Warga di Afghanistan

Singkatnya, livery Qatar Airways di pesawat Angkatan Udara Qatar adalah wadah pemerintah Qatar untuk mempromosikan negaranya di panggung global, melalui serangkaian kegiatan.

Tujuannya, selain mengajak dunia untuk berkunjung ke sana menggunakan maskapai penerbangan nasional mereka (Qatar Airways), juga dimaksudkan untuk mendapatkan citra positif dunia internasional.