Mengenal Sidewall Seats, Kursi C-17 Globemaster yang ‘Hilang’ Saat Evakuasi Warga di Afghanistan

0
Evakuasi diplomat, pejabat, dan wartawan oleh militer India menggunakan pesawat Boeing C-17 Globemaster. Foto: Twitter @ZaidZamanHamid

Sedikitnya 800 orang berhasil dievakuasi pesawat militer C-17 Globemaster setelah Taliban berhasil menguasai istana kepresidenan Afghanistan. Dalam kondisi sepenuh itu, sudah pasti warga yang dievakuasi tidak mendapat tempat yang laik di dalam pesawat.

Baca juga: [Foto-foto] Kekacauan di Bandara Kabul Sampai Ada yang Tewas Terlindas Pesawat

Padahal, dalam kondisi normal, sebagaimana pesawat biasa, pesawat tersebut memiliki konfigurasi penumpang tersendiri, meski tidak seperti pesawat komersial dimana penumpang duduk berbaris menghadap depan.

Dilansir Indomiliter.com, Boeing C-17 Globemaster biasaya membawa 102 pasukan payung atau 150 pasukan reguler dengan konfigurasi palet dan sidewall seats atau kursi samping menempel di dinding pesawat.

Kendati begitu, bukan berarti pesawat dengan kapasitas payload hingga 77,5 ton, namun untuk peran angkut personel, rilisan resmi pesawat bermesin empat unit Pratt & Whitney F117-PW-100 turbofan ini tak sanggup mengangkut penumpang jauh di atas itu. Evakuasi mencapai 800 penumpang dalam sekali terbang baru-baru ini menjadi buktinya.

Dengan kondisi chaos dimana penerbangan evakuasi terbatas tetapi warga yang ingin dievakuasi membludak, sudah pasti proses evakuasi berjalan dramatis. Semua orang berlomba untuk ambil bagian sebagai penumpang yang dievakuasi sekalipun Presiden AS Joe Biden sudah memastikan proses evakuasi akan berjalan lancara tanpa gangguan Taliban.

Belum lama ini, dalam pidato terbarunya, Biden mengultimatum Taliban agar tak mengganggu kepentingan AS, dalam hal ini proses evakuasi di bandara.

“Saat kami melakukan evakuasi ini, kami telah menjelaskan kepada Taliban, jika mereka menyerang personel kami atau mengganggu operasi kami, respon AS akan cepat dan kuat,” kata Biden seperti dilansir Associated Press.

“Kami akan membela rakyat kami dengan kekuatan menghancurkan jika perlu.” tambahnya.

“Kami akan mengakhiri perang terpanjang Amerika setelah 20 tahun pertumpahan darah. Peristiwa yang kita lihat sekarang ini adalah bukti menyedihkan bahwa tak ada jumlah kekuatan militer sebanyak apa pun yang akan pernah menciptakan Afghanistan yang stabil, bersatu, aman,” ujar Biden.

Baca juga: Penerbangan Repatriasi Qantas Pulangkan Ratusan Aussie dari Bali

Kembali ke soal sidewall seats terkait evakuasi C-17 Globemaster yang mengangkut sekitar 800 penumpang dalam sekali angkut, sebetulnya tak semua pesawat militer memiliki konfigurasi kursi penumpang mengadang ke samping atau menempel di dinding. Model kursi sidewall sifatnya portable dan dapat dilipat, umumnya model  kursi ini dipersiapkan untuk pasukan payung yang akan melaksanakan misi penerjunan dari pesawat angkut.