Ternyata, Mendengarkan Musik Memiliki Banyak Manfaat Selama Perjalanan

Ilustrasi Mendengarkan Musik. SumberL Istimewa

Bagi sebagian orang, mendengarkan musik merupakan salah satu aktivitas yang dapat menenangkan jiwa. Selain dapat dilakukan di mana saja, mendengarkan musik juga dapat dilakukan kapan saja – tidak terkecuali ketika tengah melakukan perjalanan. Cukup pasang headset atau headphone ke gadget Anda, dan musik akan setia menemani perjalanan. Selain menenangkan, tahukah Anda bahwa mendengarkan musik selama perjalanan memberikan beberapa keuntungan?

Baca Juga: Bingung Pilih Earphone atau Headphone? Pilih Earbud UE Dong!

Dirangkum KabarPenumpang.com dari berbagai laman sumber, mendengarkan musik dapat menghindari Anda dari tindak kejahatan, seperti pencopetan. Ketika headset atau headphone terlepas dari gadget ketika tengah mendengar musik, maka musik tersebut akan otomatis berhenti. Kalau sudah begitu, Anda bisa dengan cepat memeriksa apakah musik tersebut berhenti karena ada panggilan masuk atau gadget Anda berpindah tangan.

Selain itu, acap kali orang-orang yang kita diajak bicara oleh penumpang sebelah, bukan? Alih-alih tidak sopan, namun apabila Anda merasa tidak nyaman berbicara dengan orang asing atau yang baru Anda kenal, cukup dengarkan musik melalui headset atau headphone maka itu akan meredam si penumpang di sebelah kita untuk terus mengajak berbicara.

Mendengarkan musik selama perjalanan juga dipercaya dapat membantu mengalihkan pikiran semisal Anda mulai mual. Jika pikiran Anda terganggu dengan cara yang menyenangkan, seperti halnya mendengarkan musik, otomatis bisa meminimalisir rasa tidak nyaman. Sebuah studi mengklaim bahwa musik salah satu tindakan non medis terbaik untuk mencegah efek mabuk perjalanan. Dalam banyak kasus, mendengarkan musik selama penerbangan berhasil mencegah mual.

Seperti yang sudah disebutkan di atas, musik akan membuat Anda lebih rileks. Ambil contoh misalnya saat Anda pulang kerja yang terkadang mengalami kelelahan baik fisik maupun pikiran. Relaksasi dengan musik dapat membuat Anda merasa baik, seperti dopamin dan serotoni. Setibanya Anda di tujuan, maka Anda akan merasa lebih baik setelah mendengarkan musik selama perjalanan.

Baca Juga: JOOX dan AirAsia Rilis “Fly Away,” Musik Tanpa Internet di Pesawat

Dan yang paling utama adalah, mendengarkan musik secara tidak disadari dapat memangkas rasa jenuh dan penat yang kerap kali menghampiri Anda tiap kali melakukan suatu perjalanan. Selain menghilangkan bosan dan membuat Anda jadi rileks, mendengarkan musik juga akan menambah khazanah di dunia seni bunyi ini, kan?