Ternyata, Qantas Airways Itu Merupakan Singkatan dari…

Sumber: Mumbrella

Qatar Airways sudah, Emirates juga sudah, sekarang giliran Qantas Airways yang akan dibongkar fakta-fakta unik yang terselip di dalamnya. Ya, maskapai berjuluk The Flying Kangaroo memang memiliki segudang cerita unik yang patut untuk Anda ketahui. Sebagai permulaan, Qantas Airways merupakan maskapai ketiga tertua di dunia, menyusul KLM di urutan pertama dan Avianca di posisi kedua maskapai paling ‘kolot’ di dunia.

Baca Juga: 5 Fakta Unik Tentang Qatar Airways yang Mungkin Baru Anda Tahu!

Nah, sudah siap untuk menyimak fakta-fakta unik berikutnya dari Flag Carrier Australia ini? Berikut KabarPenumpang.com himpun empat fakta unik lainnya dari Qantas Airways, dikutip dari laman gotravelyourway.com.

Qantas Ternyata Sebuah Singkatan!
Ya, mungkin sebagian dari Anda pernah bertanya-tanya, “Apa sih makna dari Qantas? Apakah itu nama dari sebuah hewan kebanggan Australia layaknya Garuda Indonesia?”. Jika dirunut dari sejarahnya, Qantas merupakan singkatan dari “Queensland and Northern Territory Aerial Service”. Sesuai dengan namanya, Qantas dulunya mengoperasikan penerbangan dari Queensland menuju wilayah Utara Australia.

Salah Satu Pencetus Aliansi Penerbangan Terbaik di Dunia
Bersama dengan American Airlines, British Airways, Canadian Airlines, dan Cathay Pasific, Qantas sepakat untuk membentuk aliansi penerbangan OneWorld pada 1 Februari 1999 silam. Kini, OneWorld sudah berkembang dan diketahui memiliki 13 ‘pengikut’, termasuk Qatar Airways dan Japan Airlines.

Pernah Mengoperasikan Penerbangan Terjauh di Dunia
The Flying Kangaroo pernah mengoperasikan rute Dallas – Sydney yang jika diukur, jarak yang membentang diantara dua kota beda negara dan benua ini mencapai 13.799km! Namun rekor penerbangan selama 17 jam 5 menit tersebut harus tumbang di tangan Qatar Airways yang mengoperasikan rute Doha – Auckland pada Februari 2017 silam.

Baca Juga: Ternyata, Emirates Hanya Menggunakan Dua Jenis Pesawat!

Pernah Disumbang Jet
Jika sebuah maskapai mendapat sumbangan jet dari sebuah negara, mungkin itu sudah tidak aneh lagi – walaupun cukup membuat kita mengerenyitkan dahi. Namun apa jadinya jika maskapai sebesar Qantas Airways pernah mendapat sumbangan jet dari seorang aktor Hollywood, John Travolta.

Ya, aktor kawakan yang pernah membintangi sejumlah film Box Office seperti The Punisher, Wild Hogs, Swordfish, Grease, dan sejumlah film lainnya pernah menyumbangkan Boeing 707 yang ia miliki ke pihak Qantas pada tahun 1964 silam.