Thailand Bangun Jalur High Speed Rail dari Bangkok ke Pattaya

0
Ilustrasi HSR di dari Bangkok ke Pattaya. Foto: Urban Transport New

Thailand sebagai salah satu negara yang populer dikunjungi pelancong dari seluruh dunia. Bukan hanya keindahan alamnya saja, tetapi kebudayaan, makanan hingga pusat perbelanjaannya pun menjadi serbuan pelancong. Selain itu, sistem transportasinya pun mudah seperti kereta api.

Baca juga: Thailand Canangkan Kereta Peluru Trans-ASEAN, Hubungkan Cina, Laos, Malaysia dan Singapura

Hal ini kemudian membuat pemerintah Negeri Gajah Putih tersebut berusaha untuk melayani masyarakat dan pelancong dengan banyak kereta api. Sebab, agar memudahkan mereka mencapai beberapa tujuan tanpa menghabiskan banyak uang untuk penerbangan atau kendaraan pribadi.

KabarPenumpang.com melansir dari laman urbantransportnews.com (25/8/2021), usaha tersebut bahkan didukung dengan disetujuinya kereta api ke Pattaya dan akan menjadi perubahan besar bagi Thailand. Di mana kereta yang akan dibangun adalah jalur untuk high speed rail (HSR) atau kereta peluru dari Bangkok ke Pattaya yang diharapkan akan diresmikan proyeknya tahun 2021 dan mulai beroperasi tahun 2026 mendatang.

Jalur kereta ini akan melintasi Stasiun Bang Sue yang menjadi hub kereta di Bangkok karena memiliki jalur ganda dan teknologi HSR. Jalur ini akan dimulai dari Don Mueang melewati Bang Sue kemudian Makkasan yang terletak di pusat kota Bangkok dan melanjutkan perjalanan ke Chachoengsao, Chonburi, Sriracha hingga Pattaya.

Kehadiran HSR sendiri akan menggantikan cara paling umum pergi dari Bangkok ke Pattaya yang sebelumnya dengan bus. Jalur sepanjang 137 mil atau 220 km akan berakhir di Bandara U–Tapao yang terletak di luar Pattaya di provinsi Rayong.

Bahkan kehadiran sistem perkeretaapian tersebut, pemerintah Thailand berencana memindahkan sekitar sepuluh persen penerbangan dari Bangkok ke U–Tapao. Ini juga untuk mengurangi kemacetan di Suvarnabhumi dan Don Mueang. Pembangunan jalur HSR tersebut diketahui, studi kelayakannya hampir selesai dan akan diserahkan kepada dewan kota serta pemerintah untuk pertimbangan.

Wakil Walikota Pattaya Kiattisak Sriwomgchai mengatakan, ingin meminimalkan penggunaan lahan untuk rute dan jaringan HSR. Track pertama tahun 2020–2026 dipastikan akan memetakan dimulainya pembangunan jalur Hijau dan Ungu. Tahap kedua tahun 2027–2031 akan mencakup penyelesaian Jalur Ungu yang membentang dari Nong Prue ke Sekolah 8 Muang Pattaya.

Baca juga: Tuai Pro dan Kontra, Thailand Setujui Proyek Pembangunan Kereta Cepat dengan Cina

Sedangkan tahap ketiga dan terakhir akan melibatkan pembangunan Jalur Merah yang melewati Jomtien Sai 2 Road, Pattaya Sai 2 Road dan Dolphin Circle. Nantinya proyek ini adalah salah satu bagian utama dari rencana Komite Koridor Ekonomi Timur untuk mengembangkan tiga provinsi timur Changchoengsao, Rayong dan Chon Buri.