Tiang Bus Stop Modern Bakal Dilengkapi Teknologi Informasi Tingkat Tinggi

0
Ilustrasi tiang halte bus dengan teknologi cerdas

Tiang bus stop kini sudah bukan lagi pemandangan yang asing, seiring majunya transportasi di suatu kota, maka guna menunjang pelayanan bus kota, hadirlah pit stop atau bus stop, sebagai tempat pemberhentian bus kota reguler.

Bila saat ini bus stop tampil sederhana, yaitu hanya berupa tiang dan papan penanda (sign), maka di masa mendatang bus stop akan dikembangkan lebih canggih lagi. Apalagi dengan kemunculan kota pintar turut mengembangkan jaringan canggih dengan menghubungkan semua aspek infrastruktur melalui internet.

Baca juga:  Desainer Ferrari Rancang Halte Bus Canggih dengan Konsep Alami

Sederhananya, ini berarti bahwa segala sesuatu dari papan nama hingga transportasi semuanya dapat berinteraksi dengan pengguna secara digital. Meskipun mungkin terdengar seperti fiksi ilmiah, sebenarnya ini lebih dekat dari yang Anda kira. Bahkan Anda tidak perlu membeli halte bus yang sama sekali baru untuk mendapatkan manfaat dari revolusi cerdas saat ini.

Sifat fleksibel dari teknologi pintar memastikan bahwa fitur-fitur mutakhir sekarang dapat diintegrasikan ke dalam tiang atau struktur bus yang ada. KabarPenumpang.com merangkum futuresystems-inc.com , ada beberapa fasilitas yang dapat dimasukkan ke dalam teknologi tiang bus stop.

Di antaranya adalah fasilitas pengisian daya USB, dari penelitian terbaru orang dewasa sekarang 77 persen diantaranya memiliki akses ke ponsel pintar. Di mana banyak fitur perangkat yang membuat daya baterai cepat habis. Kehadiran pengisi daya USB memberikan solusi bagi pengguna yang baterai ponsel atau tabletnya hampir habis. Fitur lain yang juga bisa dihadirkan adalah WiFi publik yang terpasang di tiang halte bisa memberikan akses berselancar di dunia maya lebih besar pada penumpang yang menunggu bus.

Ini memberikan pengalaman transportasi bagi penumpang dan memberikan keuntungan yang jelas dibandingkan mengemudi serta mendukung penumpang memanfaatkan waktu mereka untuk menjelajahi. Di era teknologi ini, kehidupan modern berarti banyak orang yang bekerja sepanjang hari dan membuat jadwal kehidupan menjadi sibuk. Ini membuat banyak kota menjalankan layanan mereka pada malam hari dan memastikan transportasi umum dapat diakses dengan mudah ketika malam dengan penerangan yang memadai karena hal ini penting.

Sumber daya pencahayaan dan penerangannya pun dapat dilengkapi dengan panel surya di atas tiang bus stop. Sehingga memberikan penerangan pada lampu jalan dan bus stop di mana penumpang menunggu bus mereka. Bila diperlukan, konektivitas Bluetooth dapat ditambahkan untuk memberikan pengalaman terbaik bagi penderita gangguan pendengaran atau tunanetra.

Notifikasi dapat dikirimkan langsung ke ponsel pengguna, memastikan bahwa informasi penting seperti waktu kedatangan dan nomor rute sejelas mungkin. Bahkan dengan pemanfaatan sebuah tiang bus stop pun bisa menggabungkan berbagai sensor yang mengumpulkan data dari berbagai faktor seperti udara hingga pemantauan lalu lintas.

Baca juga:  Krumbach di Austria Punya Halte Bus Unik Buatan Tujuh Arsitek Internasional

Layar e-paper nirkabel di tiang bus stop dapat menampilkan peta pencarian arah, memungkinkan akses mudah ke pemetaan langsung, petunjuk arah kota, informasi, dan layanan. 

LEAVE A REPLY