Tingkatkan Keselamatan, Jepang Luncurkan Pemindai QR Code di Peron Kereta Bawah Tanah

0
Sumber: straitstimes.com

Sebagai salah satu kiblat perkeretaapian dunia, tidak heran nampaknya jika Jepang menelurkan sebuah inovasi baru yang dapat menunjang keseluruhan aspek pengoperasian si ular besi ini. Seperti yang baru-baru ini menjadi viral adalah pemasangan QR Code yang akan menunjang pengoperasian dari pintu penghalang di platform (peron) stasiun kereta bawah tanah. Tak ayal, sebagian netizen menganggap pemasangan inovasi ini merupakan tindak lanjut dari banyaknya laporan tentang penumpang yang jatuh ke rel di dalam peron.

Baca Juga: Beragam Alasan Mengapa Orang Jepang Fanatik Pada Sosok Kereta

Seperti yang dilansir KabarPenumpang.com dari laman qrcodepress.com (27/12/2017), ada banyak keuntungan dari pemasangan QR Code yang bersinergi dengan safety barriers ini, diantaranya adalah adalah kenyataan bahwa safety barriers dapat digunakan terlepas dari penempatan pintu di kereta. Semua pemangku kepentingan di Negeri Sakura berharap, pemasangan QR Code yang bersinergi dengan safety barriers ini dapat sepenuhnya rampung di seluruh platform kereta bawah tanah sebelum pagelaran Olimpiade Tokyo 2020 dan Paralimpiade di mulai.

Baru-baru ini, pemerintah Jepang menguji coba inovasi yang berkaitan dengan keselamatan penumpang ini di sepanjang jalur kereta bawah tanah di Toei. Sebuah QR Code berukuran 15cm X 15cm yang ditempel di jendela kereta akan di-scan oleh kamera yang terpasang di safety barriers. Sementara tidak ada QR Code yang di-scan oleh kamera, maka safety barriers tetap berada dalam kondisi tertutup. Ketika kereta tiba, maka kamera dengan otomatis akan memindai QR Code tersebut dan membuka safety barriers, sehingga penumpang bisa masuk ke dalam rangkaian.

Baca Juga: Samsung Pasok Teknologi 5G di Kereta Cepat Jepang

“Kamera akan memindai kode dan membuka semua safety barriers secara bersamaan,” ungkap salah seorang pejabat Biro Transportasi metropolitan Tokyo. Dalam merealisasikan inovasi ini, pemerintah Jepang tidak berdiri sendiri. Mereka bekerja sama dengan Denso Wave Inc., sebuah perusahaan yang menaungi bisnis Automatic Data Captures, Industrial Robots and Controllers.

Kerja sama ini memang bisa dibilang tidak terlalu mudah untuk dijalani, mengingat pemasangan QR Code yang bersinergi dengan safety barriers di kereta api merupakan yang pertama di dunia. Mungkin sistem seperti ini patut dicontoh oleh perkeretaapian Indonesia, karena setidaknya pemasangan QR Code dan safety barriers akan membuat penumpang lebih tertib dan dapat menghindari kejadian penumpang yang jatuh ke rel di dalam peron.

Leave a Reply