Setelah Hadir di 200 Stasiun, Google Station Perluas Jaringan di Seluruh India

(NDTV Gadgets)

Sampai saat ini sebanyak 200 stasiun kereta api di India memiliki area publik free WiFi dari Google dan direncanakan untuk diperluas ke berbagai kota di seluruh India. Vice President of Product Management Next Billion User (NBU) di Google, Caesar Sengupta mengegaskan keberhasilan program WiFi publik yang mulai di uji coba pada Januari tahun 2016 lalu.

Baca juga: “Jemput Bola,” Google Edukasi Warga Sheffield Dengan Bus Pintar

KabarPenumpang.com melansir dari laman gadgets.ndtv.com (5/12/2017), Sengupta mengungkapkan bahwa ada lebih dari 7,5 juta pengguna yang memanfaatkan akses internet berkecepatan tinggi ini melalui Google Station di India. Program ini sebenarnya sudah ada di 227 stasiun di India dan akan menambah 22 stasiun lagi bulan Desember ini.

Saat ini raksasa pencarian tersebut akan menambah hingga 400 stasiun untuk tahun depan yang perencanaanya sudah dimulai sejak tahun 2016. “Google Station membantu menghubungkan lebih banyak orang dengan internet yang terjangkau dan dapat diandalkan lewat hotspot. Tempat sehari-hari di mana Anda pergi untuk mendapatkan internet berkualitas tinggi untuk men-download video dan aplikasi, apa pun yang Anda pilih untuk dilakukan. Bahkan dengan kemajuan luar biasa dalam memperluas mobile Internet di India, kami masih menemukan bahwa WiFi publik tetap merupakan langkah penting dalam mendapatkan internet terjangkau berkualitas tinggi bagi semua orang,” kata Sengupta.

Dia menambahkan, saat ini Google Station juga berkembang di luar stasiun kereta api dan ada di kota-kota serta negara-negara lain salah satunya Indonesia. Google diketahui meluncurkan 53 Google Station pada bulan September lalu yang awalnya direncanakan untuk meningkatkan jaringan WiFi publik menjadi 100 stasiun pada 2016.

Selain stasiun kereta api, Google saat ini berencana untuk mengaktifkan WiFi publik berkecepatan tinggi melalui Google Stationnya yang tersebar di India. Diketahui, raksasa pencarian ini ingin membuat akses internet di berbagai kota cerdas India dan juga sedang menyiapkan perluasan jaringannya ke institusi pendidikan dan universitas di masa depan.

Google saat ini bekerja sama dengan perusahaan RailTel Corporation untuk menyediakan akses Internet cepat di perangkat seluler melalui Google Station. Namun, dengan perluasan program tersebut, tim pimpinan Sundar Pichai juga berencana untuk mengikat ISP baru.

Baca juga: Setelah India, Google Station Siap Tebar Free WiFi Gratis di Indonesia

Pada bulan Agustus, Google Station memasuki Indonesia untuk membantu memperbaiki akses internet di stasiun kereta api lokal. Google bermitra dengan CBN dan Fiberstar untuk menghadirkan WiFi publik berkecepatan tinggi bagi pengguna Indonesia.