Tingkatkan Pengalaman Penumpang, Boeing Siap Uji Coba Program EcoDemonstrator

0
Sumber: newatlas.com

Kendati kondisi perusahaan tengah terseok sebagai buntut dari jatuhnya dua pesawat 737 MAX 8, namun pihak Boeing enggan terlalu lama terpuruk di dalam kondisi ini. Ini terbukti dari eksperimen Boeing yang bertajuk EcoDemonstrator, dimana melalui eksperimen ini, Boeing bebas berkreasi dengan berbagai fitur futuristik yang ada di sektor aviasi dan diharapkan dapat meningkatkan pengalaman penumpang di waktu yang akan datang.

Baca Juga: Boeing 737 MAX 7, Pecahkan Rekor Internal Penjualan Pesawat Tercepat Sepanjang Sejarah!

EcoDemonstrator ini sendiri terbagi ke dalam 50 proyek berbeda di dalamnya, termasuk pengaplikasian toilet pintar dan peningkatan daya pandang penumpang dari dalam kabin ke luar pesawat. Diwartakan dari laman newatlas.com (2/7/2019), program ini sendiri sebenarnya sudah berjalan sejak tahun 2012 lalu, yang juga melibatkan lima jenis pesawat dari Boeing.

Mungkin Anda masih ingat dengan teknologi diesel hijau (ramah lingkungan) pertama di dunia, atau sayap pesawat yang terinspirasi dari bunga lotus/teratai, hingga teknologi yang dapat mencairkan es di badan pesawat ketika tengah mengudara? Ya, ini merupakan sebagaian dari proyek Boeing yang ada di dalam program EcoDemonstration.

Tahun ini, rencananya Boeing akan menguji beberapa cara baru untuk berbagi informasi digital dengan menara kontol lalu lintas udara, meja selama penerbangan, kantor pusat operasional maskapai, dan teknologi baru yang menghubungkan berbagai bagian di dalam ruang kabin. Tidak menutup kemungkinan juga jika Boeing akan turut menguji toilet pintar yang akan mampu untuk mendeteksi dan menyesuaikan suhu dan kelembapan ruangan.

Juga keberadaan kamera yang akan memungkinkan penumpang untuk melihat lebih jauh dan lebih luas ke arah luar pesawat ketika mengudara.

Baca Juga: Gunakan Sayap Lipat nan Unik, Akankah Boeing 777X Jadi Pesawat Paling Efisien?

“Ini adalah tambahan terbaru untuk program ecoDemonstrator kami, di mana kami melihat bagaimana awak dan penumpang dapat memiliki pengalaman yang lebih baik dan bagaimana teknologi dapat membuat penerbangan lebih aman, lebih efisien dan lebih menyenangkan,” kata Mike Sinnett, wakil presiden strategi produk dan masa depan pengembangan pesawat di Boeing Commercial Airplanes.

Penerbangan uji coba perdana dari program EcoDemonstrator ini sendiri akan mulai bergulir pada musim gugur 2019 mendatang.

 

Leave a Reply