Tips – Cara Agar Koper Anda Lebih Cepat Keluar di Baggage Carousel

0
Airchive.com

Saat tiba di bandara tujuan, setiap penumpang berharap dapat segera mengambil koper atau barang bawaan lainnya yang ditempatkan di bagasi pesawat. Namun, harapan itu belum tentu bisa terealisasi, boleh jadi malah koper Anda justru yang muncul terakhir di baggage carousel (conveyor belt). Kesal karena kehilangan waktu untuk menanti, boleh jadi menjadi momok tersendiri bagi para pelancong.

Baca juga: Penumpang Bingung, Koper di Conveyor Belt Bandara Heathrow Berubah Jadi Box Ikan Beku 

Untuk itu ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mengatasi kondisi di atas. Meski belum tentu sukses diterapkan, namun cara-cara di bawah ini punya potensi untuk sukses dicoba.

1. Check-in terakhir
Teknik check-in di waktu terakhir bisa menjadi peluang yang layak dicoba. Seorang petugas jalur dan penjaga pintu masuk di bandara regional di AS, menganggap bahwa cara tersebut akan membuat koper Anda dimasukkan ke dalam pesawat paling akhir. Semua orang tahu bahwa yang terakhir masuk berarti akan keluar pertama.

2. Menggunakan stiker Rapuh (Fragile)
Menggunakan stiker “Fragile” yang disediakan secara gratis oleh staf bandara dan menempelkannya pada koper Anda, berpotensi dapat mempercepat waktu tunggu Anda. Hal ini dikarenakan, muatan dengan status fragile akan ditempatkan pada tumpukan bagian atas. Seringkali barang bawaan yang rapuh masuk ke pesawat paling akhir dan sebagai hasilnya barang tersebut akan masuk ke lajur lebih dahulu.

3. Beli Tiket Kelas Satu/Bisnis
Ada beberapa maskapai yang memberikan pelayanan khusus pada penanganan bagasi. Bila Anda sebagai penumpang kelas satu atau bisnis, bisa jadi mendapat fasilitas papan atas yang lebih baik dan lebih nyaman, termasuk dalam hal penanganan bagasi ikut menjadi prioritas utama dan koper Anda bisa langsung sampai pada Anda tanpa harus menunggu lama di ban berjalan. Dalam hal ini, sebaiknya dapat ditanyakan terlebih dahulu ke petugas di counter check-in.

Baca juga: Bosan Antri Lama di Bandara, Begini Cara Cepat Ambil Barang di Klaim Bagasi

Pada dasarnya, setiap maskapai memiliki cara tersendiri untuk melakukan proses bongkar muat barang-barang dari ruang kargo untuk sampai pada baggage carousel di area klaim bagasi. Sehingga kadang dibutuhkan kesabaran penumpang untuk menunggu tas dan barang Anda. Beberapa ground crew memuat tas-tas besar untuk menyeimbangkan bobot pada bagian body pesawat dan yang lainnya diletakkan di sektor bawaan individu.