Tips Darurat Atasi Sakit Akibat Terjepit

0
Brillio.net

Pernah merasakan sakit akibat terjepit pintu dari angkutan umum yang Anda naiki seperti kereta, TransJakarta atau kendaraan umum lainnya? Ini pastinya sering sekali terjadi, apalagi jari tangan Anda, sering sekali menjadi korban terjepit kendaraan umum. Mungkin saat awal pertama terjepit Anda akan kaget, tetapi lama-lama sakit itu rasanya akan lebih perih. Bahkan tak hanya perih, tangan atau bagian tubuh lainnya yang terjepit bisa saja berdarah hingga memar dan membengkak.

Berikut ini ada beberapa tips yang sudah KabarPenumpang.com rangkum untuk mengatasi rasa sakit akibat terjepit pintu angkutan umum.

1. Tetap Tenang
Pikiran yang tenang saat terjepit bisa membantu Anda melupakan sejenak masalah terjepit yang sedang Anda rasakan. Semakin tenang, kondisi aliran darah akan semakin baik, namun sebaliknya bila Anda panik dan heboh sendiri, justru akan membuat aliran darah cepat naik dan orang-orang sekitar akan merasa Anda terlalu heboh.

Baca Juga : Penumpang Ini Sama-Sama Terjepit Pintu Kereta, Namun Beda “Penderitaan”

2. Alihkan perhatian
Ini sangat baik untuk benar-benar tidak merasakan bahwa Anda baru saja terjepit. Bila tangan yang terjepit, alihkan perhatian dengan memikirkan hal-hal yang menyenangkan atau dengarkan lagu kesukaan Anda. Berbicara dengan orang di sebelah Anda juga akan menghilangkan pikiran pada bagian yang terjepit. Sebab dengan menjalankan lima indera yang Anda punya, sakit yang dirasa bisa lebih tertahan daripada diam saja.

3. Letakkan es batu
Bila sampai di tujuan, baiknya segera mencari es batu. Es batu bisa membuat rasa sakit pada luka akibat terjepit menjadi baal atau tidak terasa sama sekali. Suhu dingin bisa memperlambat aliran darah pada luka terjepit dan mengurangi pembengkakan atau peradangan yang dapat memperparah cedera.

Baca Juga: Agar Tidak Terjatuh Saat Turun dari Bus, Ini Dia Tipsnya!

4. Angkat tangan ke atas
Ketika tangan Anda yang terjepit, baiknya angkat tinggi-tinggi tangan. Ini bertujuan agar aliran darah menuju ke area yang sakit berkurang.

5. Minum obat pereda sakit
Sekarang ini bayak obat pereda sakit atau nyeri yang di jual bebas. Sebenarnya cedera ini harus menemui dokter agar luka cepat di obati, tetapi bila tidak memungkinkan saat itu juga Anda bisa memakan obat pereda sakit sebelum menemui dokter.

Baca Juga: Cara Aman Hindari Cidera Saat Mengangkat Barang Bawaan

6. Periksa bagian terluka
Jika sakit akibat terjepit berpusat pada telapak tangan dan persendian juga terluka, Anda secepatnya harus mencari perawatan medis. Namun, bila yang terkena hanya jari tepatnya di ujung jari, dokter hanya akan menyuruh Anda mengistirahatkan tangan dan menunggu pulih dengan sendirinya.

7. Pastikan bantalan kuku tidak cedera
Bila saat terjepit terkena bantalan kuku, biasanya kuku akan berubah warna menjadi agak gelap, ini karena darah yang membeku di bawah bantalan kuku. Pergilah ke dokter untuk mendapatkan saran terbaik untuk masalah ini. Bila hanya sedikit, luka akan sembuh sendiri, tetapi bila darah yang terhambat cukup banyak jumlahnya dan Anda merasa sakit, dokter akan membantu Anda untuk mengeluarkan darah yang tersumbat tersebut. Untuk mengeluarkan darah ini, jari akan di tusuk dan darah tersebut akan keluar dari bekas tusukan sehingga mengurangi rasa sakit Anda.

Leave a Reply