Tisu Toilet di Stasiun Tokyo ‘Ingatkan’ Penumpang untuk Tak Gunakan Ponsel Ketika Berjalan

0

Masih ingat tisu toilet di Bandara Narita Tokyo yang bisa digunakan untuk menyeka layar ponsel pintar? Kehadiran tisu untuk menyeka layar ponsel ini dikarenakan temuan kuman yang lima kali lebih banyak dibandingkan toilet duduk. Kertas tisu ini disediakan oleh NTT Docomo dan menjawab respon masyarakat.

Baca juga: Bilik Toilet di Bandara Narita Dilengkapi Kertas Tisu Untuk Smartphone

Ternyata East Japan Railways (JR East) juga membidik pengguna kereta api yang lebih memilih berjalan sembari menatap layar ponsel pintar mereka tetapi tak tahu arah yang pasti di stasiun. East Japan kemudian berkampanye untuk mengingatkan orang agar tidak selalu berfokus pada ponsel ketika mereka berjalan.

Tapi tahukah Anda bagaimana JR East melakukan kampanye mereka itu? Dilansir KabarPenumpang.com dari soranews24.com, kampanye itu hadir melalui tisu yang terdapat di toilet stasiun tertentu milik JR East.

“Kampanye pencegahan ponsel pintar yang dilakukan JR East terlalu teliti dan menakutkan. Seruan bahkan dengan kertas toilet di ruang pribadi stasiun. Ini tidak bisa membersihkan area intim,” ujar Minami seorang penumpang.

Pada kertas itu tertulis gambar ponsel pintar yang menampilkan langkah kaki serta pesan “Yamemasho, aruki sumaho” atau berarti “Mari kita berhenti menggunakan ponsel pintar saat berjalan”. Sistem penyampaian pesan yang tidak biasa ini dibuat JR East bersama dengan operator telepon seluler NTT Docomo, KDDI, SoftBank dan Asosiasi Operator Telekomunikasi Jepang.

Media kertas tisu yang dibuat khusus ini, cukup baik untuk memahami pesan selama masih bisa digunakan dengan cara dilipat.

“Hei, bukankah ini bagus? Bukankah ini luar biasa? Kertas toilet untuk toilet stasiun. Menyampaikan pesan untuk mencegah ponsel pintar berjalan!” kata Hinari yang berkicau di akun Twitternya.

“Dan supaya kau tahu betapa seriusnya mereka, pesan itu berulang. Keseriusan kertas toilet JR luar biasa!!!!!! Meskipun itu sambil berjalan, ponsel pintar yang digunakan ketika berjalan memperingatkan agar semua orang berhati-hati melalui kertas tisu,” ujar penumpang lainnya, Asari.

Baca juga: Bilik Toilet di Bandara Narita Dilengkapi Kertas Tisu Untuk Smartphone

Kertas tisu ini sendiri hadir di Stasiun Tokyo, Shinjuku dan Shinagawa. Ketiga stasiun ini merupakan stasiun tersibuk di kota serta Stasiun Akihabara yang dilengkapi dengan teknologi.