Tohoku Emotion, Kereta Tematik dengan Menu Restoran Bintang Lima

0

Sebagai negara yang terkenal dengan jaringan perkeretaapiannya yang sudah menjelma menjadi tulang punggung transportasi di sana, Jepang memiliki ratusan jenis kereta yang dapat dinikmati tidak hanya oleh warga asli sana, pun dengan para pelancong. Ketepatan waktu yang luar biasa dan inovasi, dipadukan dengan perkembangan teknologi yang membalut dunia perkeretaapian di sana seolah menjadikan jaringan ular besi negara ini lengkap dan sempurna.

Baca Juga: “Pokemon with You Train,” Kereta Tematik Pelipur Duka Anak-Anak Korban Gempa Jepang

Bahkan, saking lengkapnya, ada satu jenis kereta dimana para penumpang lebih tertarik dengan suguhan menu di dalamnya ketimbang destinasi tujuan mereka. Ya, adalah Kereta Tohoku Emotion atau yang lebih tepat disebut sebagai restoran di atas kereta ini pertama kali diluncurkan pada Oktober 2013 silam – mengular sepanjang Pantai Sanriku di wilayah Tohoku, sebelah utara Jepang.

Berdasarkan kutipan KabarPenumpang.com dari laman cnn.com (16/11/2018), Kereta Tohoku Emotion ini merupakan salah satu ‘Joyful Train’ yang dioperatori oleh East Japan Railway Company (JR East). Menurut sang operator, Kereta Tohoku Emotion merupakan satu dari sekian banyak kereta tematik yang ditujukan untuk mempromosikan prefektur-prefektur yang masih minim pengunjung – menyusul Pokemon with You Train dan SL Ginga, kereta uap bertema ruang angkasa dengan planetariumnya sendiri.

Sumber: JR East

Kereta Tohoku Emotion sendiri menyajikan beragam penganan racikan celebrity chef asal Negeri Sakura yang dijamin menggugah selera. Dengan menggunakan komoditas utama dari Tohoku seperti bulu babi, daging sapi, jamur shiitake, hingga anggur kualitas premium – para koki terkenal tersebut siap meracik penganan yang akan menggoyang lidah para penikmatnya.

Guna mencegah kebosanan, pihak JR East mengganti juru masak di Tohoku Emotion setiap enam bulan sekali dan menunya diperbarui selama masa pengoperasian tersebut. Kini, Kereta Tohoku Emotion dipimpin oleh Shinsuke Ishii, seorang chef kenamaan pemilik restoran Sincere di Tokyo dan mantan chef di restoran non-reservasi populer di Perancis, Bacar. Masa jabatan Shinsuke sendiri akan berakhir pada Maret 2019 mendatang.

Ketika mengular bersama Kereta Thokou Emotion dari kota Hachinohe di Prefektur Aomori dan Kuji di Prefektur Iwate selama 1,5 jam, penumpang akan disuguhi empat penganan makan siang yang berbeda dan satu menu dessert. Perpaduan makan mewah ala restoran bintang lima, bisingnya suara kereta, dan pemandangan khas si ular besi tentu menyajikan nilai estetika tersendiri bagi setiap orang yang pernah mencobanya.

Baca Juga: Jelang Pensiun, JR West Pamerkan Kereta Peluru Tematik, Shinkansen 500 EVA “Evangelion”

Sebagai informasi tambahan, Kereta Tohoku Emotion ini sendiri terdiridari tiga rangkaian – gerbong satu terdiri dari tujuh kompartemen pribad dan gerbong dua untuk dapur. Digadang-gadang, kereta ini mampu mengangkut sekitar 48 penumpang dalam sekali perjalanannya.

Bagi Anda yang tertarik untuk menjajal sensasi makan mewah diatas kereta sambil menikmati pemandangan khas Negeri Sakura, siap-siap untuk merogoh kocek sekira USD$106 atau yang setar dengan Rp1.500.000 untuk perjalanan pulang pergi, lengkap dengan penganannya. Patut dicatat, kereta ini hanya mengular pada hari Jumat hingga Senin saja.

Leave a Reply