Toilet Meluap, Penumpang Pesawat Pipis di Kantong Plastik

(express.co.uk)

Dalam penerbangan jarak jauh maupun jarak pendek, toilet kerap kali digunakan penumpang ketika pesawat tengah mengudara. Meski memiliki ruangan yang cukup untuk satu badan saja, tetapi toilet menjadi salah satu bagian vital penumpang ketika hasrat ingin pipis harus dilepaskan.

Baca juga: Sebelum Seperti Sekarang, Dulu Toilet Pesawat Gunakan Ember untuk Tampung Limbah Penumpang

Tetapi bagaimana jika saat dalam penerbangan toilet terpaksa dikunci oleh awak kabin karena sesuatu hal? Dilansir KabarPenumpang.com dari laman nbcconnecticut.com, pada 2018 kemarin, penerbangan American Airlines yang berangkat dari Arizona menuju ke Hawaii tidak bisa digunakan.

Hal ini membuat para awak kabin mengatakan kepada penumpang jika ingin pipis bisa membuangnya di kantong plastik. Juru bicara American Airlines mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa pada 31 Agustus 2018 pesawat yang berangkat dari Phoenix menuju ke Kona, toiletnya tidak berfungsi selama penerbangan.

Sayangnya karena toilet tersebut meluap dan hanya satu yang terbuka di bagian depan, seorang wanita mengatakan kepada awak kabin dalam sebuah video, “Apa maksudmu aku harus buang air kecil di kantong plastik?”

Kemudian awak kabin memberitahukan pada wanita tersebut bahwa toilet pesawat meluap dan ini sebabnya sebuah kantong plastik disediakan. “Aku tahu, ini mengerikan. Dan orang-orang akan menggunakan botol,” kata wanita tersebut.

American Airlines menjelaskan, meluapnya toilet dikarenakan ada penumpang yang membuang popok kedalam kloset dan membuat sistemnya rusak. Sebenarnya karena masalah ini, penerbangan American Airlines tersebut harusnya bertolak ke bandara terdekat namun hal itu tak dilakukan oleh maskapai yang berbasis di Fort Worth tersebut. American Airlines mengatakan agen layanan pelanggan menjangkau semua 187 penumpang yang telah naik Boeing 757.

Baca juga: Bayi Ditemukan Tewas dalam Toilet Pesawat AirAsia, Perempuan 19 Tahun Jadi Tersangka

“Di Amerika, toilet harus berfungsi dengan baik sebelum keberangkatan. Jika penerbangan Amerika ada di udara, dan semua toilet menjadi tidak beroperasi, penerbangan akan dialihkan ke bandara terdekat yang sesuai untuk pemeliharaan untuk memperbaiki situasi. Karena lokasi pesawat, penerbangan melanjutkan ke tujuan yang dimaksud.

Masalahnya kemudian diperbaiki setelah tiba di Kona, dan penerbangan American Airlines tersebut kembali ke Phoenix sesuai jadwal.