Toko Tanpa Pegawai di Stasiun Gateway Takanawa Dilengkapi Teknologi Kecerdasan Buatan

0
Stasiun Gateway Takanawa

Stasiun kereta Gateway Takanawa yang dibuka pada Maret 2020 menghadirkan berbagai macam teknologi canggih di dalamnya. Salah satunya adalah sebuah toko serba ada tanpa pegawai yang dilengkapi dengan 50 kamera dan fitur kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI).

Baca juga: Enam Jenis Robot Beroperasi di Stasiun Gateway Takanawa

Dalam uji coba dengan sistem AI, toko ini berhasil menemukan pencurian barang. Sebab sistem AI ini terpasang pada 50 kamera yang tersebar dalam toko serba ada tersebut. Meski hanya seluas 60 meter persegi, kamera-kamera yang terpasang akan mengidentifikasi setiap item yang diambil oleh para pembeli.

KabarPenumpang.com melansir laman japantimes.co.jp (23/3/2020), bahkan sistem AI di toko tersebut juga bisa mengenali perilaku yang mencurigakan dan terus menerus menyadari apa yang telah diambil dari rak. Pengembang toko Touch To Go Co telah menjalankan tes dan menemukan bahwa ada pengunjung yang menyembunyikan barang-barang di bawah pakaian atau menghindarai kamera sambil menempatkan barang di dalam tas masuk.

“AI kami belajar dengan mengambil gambar dari berbagai sudut. Ini tidak sepenuhnya anti-gagal, tetapi hampir tidak mungkin untuk mengutil,” Presiden Touch To Go, Tomoki Akutsu.

Toko serba ada di Stasiun Gateway Takanawa ini menjual sekitar 600 item termasuk makan siang kotak bento minuman dan makanan ringan. Uniknya lagi, toko serba ada ini juga hanya melayani sistem pembayaran otomatis.

Sehingga pembeli yang membayar barang belanjaan mereka akan bisa keluar dari toko karena pintu terbuka secara otomatis. Sedangkan jika pembeli tidak membayar, maka pintu tidak akan terbuka.

Namun sampai saat ini belum jelas seberapa populer toko serba ada dengan teknologi AI ini. Waktu akan memberi tahu apakah pelanggan akan menemukan toko tanpa awak itu nyaman atau apakah mereka akan dimatikan oleh kurangnya sentuhan manusia.

Baca juga: Takanawa Gateway Menjadi Stasiun Modern dengan Robot Pemandu Penumpang

Namun, untuk saat ini, tampaknya toko tanpa petugas ini adalah jalan masa depan. Mereka menghemat biaya tenaga kerja dan memberikan peningkatan keamanan, membuatnya lebih efisien daripada toko konvensional.

Leave a Reply