Toyota Rilis C+walkT, Skutik Tiga Roda yang Ideal Melaju di Area Pejalan Kaki

0
C+walkT, skuter roda tiga yang mudahkan mobilitas lansia dan pejalan kaki di area khsusus pejalan kaki. Foto: New Atlas

Di Jepang, Toyota pada awal Oktober ini baru saja merilis skuter mobilitas listrik stand-up roda tiga yang disebut C+walkT. Skuter ini dirancang untuk bisa digunakan pengendara di area khusus pejalan kaki, taman bisnis skala besar, universitas atau tempat lainnya.

Baca juga: Uready, Skuter Roda Tiga yang Bisa Dibelokkan

C+walkT dilengkapi kontrol kemudi yang memiliki tampilan sentral dengan tombol untuk penerangan, klakson, tuas untuk akselerasi dan pengereman, serta memiliki semacam kesan skuter keamanan. Dilansir KabarPenumpang.com dari newatlas.com (1/10/2021), C+walkT ini dijual di dealer mobil Toyota dengan harga mulai dari JPY 341 ribu (sekitar US$3.000).

Selain itu juga akan disewakan dan perusahaan mengatakan, peraturan daerah terus berubah. Meski begitu C+walkT bisa melaju di sepanjang jalan umum di beberapa titik di masa depan. Salah satu kasus penggunaan yang diusulkan adalah untuk “meringankan beban berjalan pada pengguna lanjut usia yang terlibat dalam pekerjaan keamanan.”

Kendaraan ini juga dilengkapi dengan deteksi rintangan, menawarkan peringatan visual dan alarm suara, sementara juga memperlambat kendaraan hingga dua kilometer per jam. Kecepatan C+walkT dibuat lambat untuk membantu mencegah tabrakan dengan pengguna lain, rintangan, dan pejalan kaki.

Sedangkan motor DC brushless 0,25-kW bisa dikemudikan hingga sepuluh kilometer per jam. Meski begitu, ini dirancang untuk bergulir melalui fasilitas pada kecepatan yang lebih rendah, dan baterai Li-ion yang dapat dilepas diperhitungkan baik untuk sekitar 2,5 jam atau perjalanan sejauh 14 km (8,7 mil).

Bahkan C+walkT ini akan membantu pengemudi melaju di jalan sempit karena bisa berbelok dengan rapat di jalur sepanjang 0,59 meter. Sehingga nantinya skuter ini akan membantu Anda beregerak ke arah yang benar.

C+walkT memiliki panjang 700 mm (27,5 inci) dan 450 mm (17,7 inci) pada titik terlebarnya, dapat menopang bobot pengendara hingga 100 kg (220 lb), bodi resinnya hadir dalam lapisan dua warna, dan masing-masing dari ketiga roda dibungkus ban anti bocor. Ini jelas merupakan kendaraan khusus, tetapi campuran e-mobilitas tampaknya akan bervariasi sehingga e-skuter bertenaga rendah ini dapat menemukan basis pengguna di suatu tempat antara Segways, hoverboard, dan kickscooter listrik.

Baca juga: Mimo C1 Gabungkan Fungsi Skuter dan Troli

Sayangnya belum ada kabar apakah C+walkT akan dirilis secara komersial di luar Jepang pada saat ini. Tetapi Toyota sudah memiliki solusi e-mobilitas pribadi lainnya dalam pengembangan, termasuk e-scoot duduk dan yang mampu menarik kursi roda.