TransLink Perluas Platform Stasiun SkyTrain, Penuhi Pertumbuhan Penumpang di Masa Depan

0
Kereta Mark III di Stasiun SkyTrain Edmonds (TransLink)

Dalam perjalanan kereta api, operator biasanya memikirkan masa depan yang akan terjadi pada transportasi berbasis rel ini. Seperti TransLink di Kanada yang kini tengah memperluas platform stasiun Skytrain mereka untuk memenuhi pertumbuhan dan peningkatan penumpang.

Baca juga: Persiapan Musim Salju, Translink ‘Selimuti’ Ban Pada Armada Bus

Juru bicara TransLink mengatakan, proyek akses dan keselamatan stasiun SkyTrain bertujuan untuk memastikan armada SkyTrain baru dan lebih baik di masa depan dengan kereta yang lebih panjang. Selain itu juga bisa mengangkut penumpang lebih banyak yang bisa ditampung di stasiun.

KabarPenumpang.com melansir dailyhive.com (16/6/2021), saat ini, otoritas angkutan umum sedang mencari kontraktor untuk menyiapkan desain konseptual untuk memperluas platform keluar Stasiun New Westminster, yang merupakan salah satu stasiun yang diidentifikasi dalam studi. Mereka juga mencari stasiun lain di Jalur Expo dan Jalur Milenium untuk menentukan apakah ada modifikasi yang diperlukan.

Panjang peron pada jalur Expo dan Milenium umumnya kira-kira 80 meter, sementara sebagian besar peron Jalur Kanada adalah 40 meter. Beberapa stasiun Canada Line sudah memiliki peron 50 meter, yang merupakan panjang semua peron stasiun yang dapat diperpanjang untuk kereta tiga gerbong Canada Line di masa depan.

Antara tahun 2023 dan 2027 mendatang, jalur Expo dan Milenium akan melihat kedatangan 41 kereta Mark III lima gerbong, yang akan menjadi yang terpanjang di armada SkyTrain untuk mengisi panjang peron, melebihi 80 meter. TransLink juga sebelumnya mengatakan bahwa berdasarkan proyeksi, permintaan pada jalur Expo dan Kanada dapat mencapai kapasitas pada tahun 2050, setelah peningkatan kapasitas yang direncanakan saat ini terjadi.

“Memprioritaskan kebutuhan untuk solusi bantuan akhirnya adalah sesuatu yang kami ingin identifikasi dalam proses Transport 2050, tetapi lebih banyak studi perlu dilakukan sebelum langkah-langkah bantuan khusus, koridor, atau proyek perluasan diidentifikasi sebagai prioritas,” kata seorang juru bicara.

Selama dekade terakhir, TransLink telah melakukan peningkatan ekstensif yang terutama meningkatkan aksesibilitas dan kapasitas penumpang yang masuk dan beredar di stasiun. Proyek perombakan kapasitas besar berikutnya direncanakan untuk Stasiun Burrard.

Baca juga: Terowongan Brockville – Terowongan Kereta Pertama di Kanada yang Dihiasi Lampu Warna Warni dan Alunan Musik

Sebagai bagian dari proyek Broadway Subway, peron Jalur Kanada di Stasiun Broadway-City Hall akan diperluas hingga panjang maksimum 50 meter untuk menyediakan ruang sirkulasi yang lebih luas bagi penumpang. Ini menjelaskan lonjakan penumpang yang diharapkan di stasiun, yang akan menjadi pusat pertukaran utama antara Jalur Kanada dan Jalur Milenium.