Troli Canggih Kini Buat Operasional Bandara Hemat 100 Persen, Ini Rahasianya

0
Ilustrasi troli bandara. Sumber: Telegraph India

Troli merupakan salah satu fasilitas di bandara yang jarang sekali disematkan teknologi terbaru, baik itu untuk memudahkan penumpang maupun pengelola bandara itu sendiri.

Baca juga: Mimo C1 Gabungkan Fungsi Skuter dan Troli

Padahal, ketika berada di bandara, troli menjadi salah satu benda penting bagi para traveler yang membawa banyak barang dan pasti jadi salah satu yang paling dicari penumpang ketika tiba di terminal. Sebab, kereta dorong ini mampu memudahkan penggunanya untuk membawa banyak barang dalam satu tempat sekaligus.

Hanya saja, saking banyaknya penumpang yang menggunakan, ditambah lambannya petugas Trolley Management Team dalam mengatur ketersediaan, di beberapa titik di bandara, troli terkadang habis tak tersedia.

Hal itu tentu bisa dimaklumi, mengingat area bandara begitu luas, sulitnya mengatur penumpang agar disiplin dan bijak dalam meletakkan troli usai digunakan, serta alat bantu petugas saat bekerja yang bisa dibilang minim untuk mengumpulkan dan mengecek keberadaan troli.

Troli bandara canggih dengan sensor. Foto: Business Wire

Akan tetapi, rasanya hal itu tak akan pernah terjadi lagi berkat teknologi pelacak troli bandara yang dikembangkan oleh Semtech dan DevAppSol.

Dilansir businesswire.com, troli canggih yang dilengkapi dengan sensor, Bluetooth Low Energy (BLE), dan berbagai alat berbasis teknologi sensor lainnya, nantinya akan menyajikan berbagai data untuk petugas, salah satunya lokasi troli secara real time . Dengan begitu, petugas bisa dengan mudah mewangasi, memanjemen, mengumpulkan troli, dan meletakannya di titik pengambilan troli atau lokasi lainnya yang sudah kekurang troli.

Selain itu, petugas juga bisa mereview mobilitas troli, berapa lama dan bagaimana kultur penumpang menggunakan troli bandara, serta kemana saja troli dibawa penumpang. Itu sangat berguna dalam memanajemen penggunaan troli ke depan. Entah itu untuk meletakkan troli di area yang sangat tepat hingga membatasi ruang gerak penumpang dalam menggunakan troli.

Kendati simpel, namun, dampak terhadap efisiensi operasional bandara cukup signifikan. Disebutkan, tingkat efisiensinya mencapai 100 persen, dengan rincian penghematan atau efisiensi langsung sebesar 30 persen hingga 40 persen dan efisiensi tidak langsung hingga 60 persen, sebagai hasil dari pelacakan troli secara efektif.

Baca juga: Huawei Chigoo cTrolley, Troli Canggih Manjakan Akses Penumpang di Bandara

Angka efektivitas tersebut didapat dari hasil pengaplikasian troli canggih ini di Bandara Internasional Hyderabad atau Bandara Internasional Rajiv Gandhi, India. Jadi, kegunaan troli canggih tersebut bukan isapan jempol belaka, mengingat sudah dibuktikan di sebuah bandara besar yang cukup sibuk.

Hanya saja, tentu, troli canggih tersebut masih kalah canggih dibanding troli lain, salah satunya Care-E, troli canggih teknologi Al keluaran KLM Royal Dutch Airlines. Robot atau troli berwarna biru cerah ini mengusung konsep self driving trolley sehingga bisa membawa koper penumpang secara otomatis dan bisa dengan mudah diberi perintah.

Leave a Reply