Troli Virtual, Awak Kabin Tak Lagi Langsung Bersentuhan dengan Penumpang

0
(runwaygirlnetwork.com)

Banyak cara untuk meminimalisir penyebaran virus corona dalam sebuah penerbangan selain memberi jarak pada kursi penumpang yang satu dengan lainnya. Kemudian maskapai juga menghilangkan majalah dan kartu menu fisik di dalam penerbangan serta penggunaan masker dan pelindung wajah.

Baca juga: Bandara Pudong Gunakan Glide Blanket untuk Loading Barang ke Kabin Pesawat Penumpang

Selain itu juga mengurangi interaksi awak kabin dengan penumpang yang melibatkan troli yang bergerak di lorong. Untuk hal ini, Bluebox penyedia perangkat keras hiburan dalam penerbangan nirkabel, bekerja sama dengan spesialis ritel onboar Retail inMontion (RIM) untuk menghilangkan titik kontak yang sangat literal dari pembelian onboard melalui pembayaran tanpa bersentuhan.

Dilansir KabarPenumpang.com dari runwaygirlnetwork.com (22/6/2020), keduanya bekerja sama agar penumpang melakukan pemesanan dan pembayaran melalui perangkat mereka dari aplikasi RiM yang diinstal pada kotak IFE (In-Flight Entertainment) nirkabel Bluebox Wow. Kemudian awak kabin yang tengah di dapur akan diberitahu untuk dropoff pesanan. Hadirnya cara ini memungkinkan jangkauan manfaat yang jauh lebih besar khususnya di sekitaran pengirmanan makanan terbatas di kabin.

“Ini adalah sesuatu yang baru-baru ini kami terima. Maskapai, sebagai bagian dari program pemulihan, menyadari ada masalah untuk keselamatan awak kabin dalam hal mencoba meminimalkan kontak antara penumpang dan awak kabin. Cukup jelas bahwa titik kontak utama adalah cara tradisional saat ini untuk membawa troli ke lorong, bertanya kepada orang-orang apakah mereka ingin membeli makanan atau minuman, terutama untuk angkutan murah. Ini merupakan penghasil pendapatan penting bagi mereka,” kata direktur pengembangan bisnis David Brown.

Khususnya, sistem baru ini juga sepenuhnya offline, di mana Wow adalah sistem offline, dan itu salah satu bagian yang sulit yakni memiliki kepatuhan PCI dalam mode offline.

“Kami sudah mencapainya dengan kotak Wow kami. Seluruh modul RiM dan perangkat lunaknya juga sesuai dengan PCI, sehingga arsitektur produk kedua perusahaan sangat cocok,” kata Brown.

Secara fungsional, Brown menjelaskan bahwa kotak nirkabel IFE Wow bersifat modular, menggunakan sistem wadah Docker yang ia simpulkan sebagai cara teknis terbaru dari berbagai elemen perangkat lunak yang dapat berkomunikasi dengan mudah satu sama lain. Dia mengatakan, mereka bekerja dengan standar yang sama, dan kotaknya menerima aplikasi pihak ketiga yang telah dilakukan dengan standar buruh pelabuhan, dan RiM telah melakukan perangkat lunak mereka dengan cara yang sesuai dengan standar arsitektur semacam itu. Agnostisitas perangkat lunak-perangkat keras ini, menurut Brown, adalah bagian dari saus khusus Bluebox.

“Kami selalu melihat Wow sebagai platform dengan perangkat lunak basis kami. Kami telah menyediakan kerangka kerja untuk, biasanya, sistem IFE. Ini lebih seperti ‘beli versus bangunan’. Kami sebagai perusahaan perangkat lunak tidak perlu melihat kebutuhan untuk membangun semuanya sendiri, dan cara kami mendesain perangkat lunak Wow secara khusus untuk dapat mengambil aplikasi pihak ketiga seperti game, misalnya,” tambah Brown.

Langkah ini didorong oleh dua pelanggan maskapai utama, pengumuman yang telah ditunda oleh krisis Covid-19 dan nama-nama yang Brown tidak dapat bagikan secara publik.

“Keduanya datang kepada kami dengan masalah yang sama, berkeliling pada waktu yang sama. Ini dikonfirmasi oleh maskapai penerbangan murah lainnya juga bahwa itu adalah sesuatu yang mereka semua lihat ketika mereka datang kembali ke layanan. Jelas sesuatu yang dinaikkan ketika melihat proses dan membuatnya aman Covid,” kata dia.

Maskapai penerbangan, tampaknya, mempercepat rencana mereka untuk menawarkan pembayaran tanpa sentuhan sebelum krisis Covid-19, Brown menyatakan bahwa perspektifnya adalah bahwa itu adalah “hal yang baik untuk dimiliki” atau pengembangan fase 2.

Baca juga: Jangan Lupa Cuci Tangan Selesai Bersihkan Ruang Pribadi di Kabin Pesawat

Kemitraan antara Bluebox dan RiM adalah non-eksklusif dan independen dari pengaturan lain dengan menggunakan perangkat keras dan perangkat lunak berlabel berarti secara relatif mudah bagi pihak ketiga mana pun untuk menulis aplikasi untuk berinteraksi dengan sistem Bluebox memang, itu adalah sesuatu yang didorong oleh Bluebox sendiri.

Leave a Reply