Tujuh Fitur Baru di Radar Box, Kini Semakin Mudah Memantau Pergerakan Pesawat

0
ilustrasi radar pesawat. Sumber: transportationheritage.com

Sudah bukan jadi hal yang mustahil lagi bagi Anda yang ingin melacak keberadaan pesawat secara real-time. Hadirnya aplikasi pelacakan pesawat sepertiFlight Radar 24 atau Radar Box-lah yang pada akhirnya akan memudahkan setiap langkah Anda untuk melacak keberadaan pesawat. Bahkan, hadirnya aplikasi semacam ini juga dapat membantu untuk mengetahui pergerakan pesawat beberapa saat sebelum hilang dari radar seperti yang terjadi pada Lion Air JT-610.

Baca Juga: Berkat ADS-B, Berjuta Mata di Seluruh Dunia Dapat Melihat Langsung Pergerakan Pesawat Komersial

Pada dasarnya, data yang Anda lihat di aplikasi-aplikasi tersebut mengacu pada output yang diperoleh dari Automatic Dependent Surveillance Broadcast (ADS-B). Perangkat ADS-B ini melekat pada pesawat terbang, dan selama pesawat mengudara, transponder ADS-B akan secara otomatis mengirimkan broadcast data tentang koordinat GPS dan status serta parameter pesawat. Dari data yang diterima oleh petugas darat, nantinya akan dikonversi menjadi sebuah tampilan yang Anda lihat di aplikasi tracking tersebut.

Nah, salah satu aplikasi di atas, Radar Box kabarnya baru saja menambahkan beberapa fitur di dalam aplikasi yang akan menunjang pengoperasiannya. Sebagaimana siaran pers yang diterima KabarPenumpang.com dari Radar Box, adapun pihak Radar Box menambahkan tujuh fitur baru, mencakup:

Flight Plan
Pada fitur ini, Anda bisa melihat rencana penerbangan atau flight plan yang akan dilintasi oleh suatu pesawat. Namun ini merupakan bagian dari fitur premium, jadi, Anda harus berlangganan terlebih dahulu untuk bisa mengakses Flight Plan ini.

Route Data Label On Hover
Melalui fitur ini, Anda semua bisa melihat lebih detail tentang suatu penerbangan – mulai dari kecepatan, ketinggian, hingga rute aktualnya.

Access Flight Search on all Pages
Hadirnya fitur ini akan memudahkan Anda untuk mencari suatu penerbangan walaupun Anda sedang tidak berada di laman live map.

Mobile History List
Sederhananya, fitur ini akan mengijinkan Anda semua untuk melihat riwayat dari suatu penerbangan. Semisal, Anda ingin melihat apakah pesawat AirAsia dari Jakarta menuju Thailand dalam beberapa hari ke belakang mengalami keterlambatan atau tidak – dan seterusnya.

Widget
Hadirnya widget ini akan memudahkan Anda untuk mengatur tampilan layar pada visual di desktop – apakah Anda lebih suka melihatnya dalam ukuran besar atau kecil, dari jarak jauh atau dekat, dan seterusnya.

Baca Juga: Delapan Aplikasi Ini Bisa Pantau Pergerakan Pesawat via Smartphone

Redesigned Fleet Tracker
Sejatinya fitur ini diperuntukkan bagi para pebisnis, dimana mereka bisa melacak riwayat penerbangan dan data penerbangan yang ada di kolom pribadi mereka secara bersamaan.

Blog Redesign
Blog Radar Box telah dirancang ulang untuk menampilkan unggahan yang lebih informatif, menampilkan arsip bulanan yang sudah disaring & artikel paling populer.

Leave a Reply