Tunjang Integrasi MRT Jakarta, TransJakarta Buka 3 Rute Baru dari Dukuh Atas

Foto: Istimewa

Warga ibukota Jakarta pecinta moda transportasi umum, sebentar lagi akan bisa menkmati integrasi antarmoda. Apalagi semenjak PT TransJakarta memiliki direktur utama yang baru, kini akan ada tiga rute pengembangan di Kawasan Integrasi Dukuh Atas (KIDA) Jakarta Pusat. Rute baru ini hadir untuk mewujudkan integrasi antarmoda menyambut beroperasinya Mass Rapid Transit atau Moda Raya Terpadu (MRT) Jakarta pada akhir Maret 2019 mendatang.

Baca juga: TransJakarta Umumkan Keikutsertaan di Busworld 2019

Direktur Utama PT TransJakarta Agung Wicaksono mengatakan tiga rute baru tersebut diantaranya adalah Dukuh Atas menuju Kota, Dukuh Atas menuju Blok M dan Dukuh Atas menuju Kuningan. Agung menambahkan, tiga rute baru ini sendiri akan menggunakan armada bus low entry dengan tiket yang sama dengan rute lainnya yakni Rp3500.

Agung menjelaskan, nantinya dengan rute baru ini, masyarakat atau pendatang yang naik MRT atau kereta bandara dan sampai di Dukuh Atas atau Sudirman bisa melanjutkan perjalannya dengan menggunakan armada bus Transjakarta.

“Ketiga rute ini kami rencanakan akan mulai beroperasi pada 15 Maret 2019. Ketiga rute ini juga akan mengantarkan penumpang ke tempat pemberhentian yang kebanyakan merupakan hotel, perkatoran dan pusat perbelanjaan. Ini bentuk komitmen TransJakarta untuk mendukung integrasi antarmoda transportasi dengan menyediakan rute baru,” ujar Agung dalam jumpa media sebelum acara Uji Coba Publik MRT Jakarta kemarin (12/3/2019).

Agung menambahkan, dengan demikian, pihaknya berharap, TransJakarta bisa mengintegrasikan berbagai moda transportasi di Dukuh Atas. KIDA sendiri akan menjadi titik pertemuan Kereta Rel Listrik (KRL), MRT, kereta bandara, TransJakarta dan Lintas Raya Terpadu (LRT) yang akan datang.

Baca juga: TransMilenio, BRT dari Bogota yang Menjadi Benchmark TransJakarta

Sebelumnya pada 6 Februari 2019 kemarin, TransJakarta membuka dua rute baru yakni dari Gelora Bung Karno (GBK) menuju Kalideres dan Kampung Melayu menuju Kota. Dibukanya rute-rute baru ini 164 target dari 236 layanan TransJakarta sudah terpenuhi. Dua rute yakni GBK-Kalideres dan Kampung Melayu-Kota beroperasi dari pukul 05.00 hingga 22.00.

“Pembukaan kedua rute ini sudah mendapat persetujuan dari Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta demi melayani pengguna transportasi umum,” kata Agung.