Ulang Tahun Ke-50, Korean Air Hadirkan Seragam Vintage Awak Kabin dari Masa ke Masa

0
Seragam vintage awak kabin Korean Air (paddleyourownkanoo.com)

Kembali ke masa lalu atau mengubah suasana menjadi retro bukanlah hal baru yang dilakukan sebuah maskapai. Biasanya maskapai melakukan hal ini untuk mengenang kejayaan di kala itu dan yang diubah tak hanya logo livery tetapi seragam awak kabin mereka. Seperti Korean Air yang merayakan ulang tahun ke 50 dengan tampilan vintage pada 2019 lalu.

Baca juga: Garuda Indonesia Canangkan “Vintage Flight Experience” di Rute Amsterdam dan Tokyo

Diperayaan ini, maskapai Korea tersebut mengadirkan sebelas koleksi seragam vintage yang berbeda selama bertahun-tahun. Awak kabin yang menggunakannya adalah kader khusus yang dikenal sebagai “Tim Seragam Sejarah”. KabarPenumpang.com merangkum dari laman paddleyourownkanoo.com, ternyata tim khusus ini mengenakan seragam bersejarah sebagai pakaian kerja mereka yang biasa. Bahkan mereka biasanya hanya dipanggil untuk acara-acara khsusus saja.

Meski begitu dalam ulang tahun ke 50 Korean Air pada Oktober 2019 kemarin, mereka tetap bekerja dalam penerbangan dengan tampilan retro. Bahkan maskapai memiliki rencana untuk meningkatkan jumlah penerbangan khusus untuk waktu yang singkat. Pada waktu perayaan ulang tahun ke-50 tersebut, Korean Air menyiapkan jadwal penerbangan awak kabin dengan seragam vintage ini ke beberapa rute seperti Los Angeles, Tokyo, Beijing, Singapura, Paris dan Sydney.

Saat itu mereka juga mengadakan peragaan busana di penerbangan terbaru mereka. Ini mengingatkan kepada Catwalk on the sky yang dilakukan maskapai Belanda yakni KLM pada penerbangan mereka dari Amsterdam dan New York. Meski begitu, ada perbedaan dalam peragaan busana tersebut di mana, KLM memiliki seragam yang sudah dikenakan 100 tahun lalu untuk di pamerkan.

Sayangnya bagi KLM ini hanya dilakukan sekali saja dan bukan sesuatu yang akan dialami banyak penumpang. Korean Air sendiri berdiri sejak 1969 dan berkembang dari delapan pesawat menjadi 200 armada yang sudah terbang ke seluruh dunia. Selain Korean Air, Garuda Indonesia juga menghadirkan logo livery dan seragam vintage pada awak kabin mereka.

Kehadiran ini membuat sebuah tajuk “Garuda Indonesia Vintage Flight Experience” yang dihadirkan pada 7-17 Desember 2018 lalu dalam penerbangan domestik ke Balikpapan dan Surabaya serta penerbangan Internasional tujuan Singapura. Adanya Garuda Indonesia Vintage Flight Experience membuat penumpang merasa nuasan dalam penerbangan di era 1970 dan 1980an.

Baca juga: “Garuda Indonesia Vintage Flight Experience” Resmi Diluncurkan, Inilah Paras Ayu Pramugari dengan Seragam Klasik

Seragam vintage awak kabin Garuda Indonesia sendiri dirancang oleh desainer Jepang terkenal Hanae Mori. Selain itu atribut klasik diterjemahkan melalui pengoperasian armada Boeing 737-800 NG yang menggunakan classic livery.

Leave a Reply