Unik, di Taiwan Ada Museum Taksi yang Dibuka Temporer

Sumber: taipeitimes.com

Jika di Malang ada yang namanya Museum Transportasi, maka berbeda dengan yang ada di Taiwan, dimana seorang penggemar segala sesuatu yang berkenaan dengan taksi dan memajang semua koleksiannya tersebut di dalam sebuah ‘museum pribadi’. Namun ini bukanlah permanen, melainkan hanya bersifat sementara saja. Dibuka sejak Sabtu (20/7) kemarin, rencananya museum taksi pribadi yang didirikan oleh Lee Chi-cheng ini akan dihelat sampai dengan tanggal 9 Agustus mendatang.

Baca Juga: Operator Taksi Jepang Buka Lowongan Jadi Pengemudi Asing, Tertarik?

Sebagaimana yang dikutip KabarPenumpang.com dari laman taipeitimes.com (26/7), Lee mengumpulkan semua pernak-pernik yang berhubungan dengan taksi ini sejak dua dekade yang lalu. Adapun museum pribadi ini dapat Anda temukan di Suao Township di Yilan, Taiwan. Menurut Lee, ia mulai mengumpulkan barang koleksinya ini pada tahun 2000 silam, ketika Lee tengah mengujungi New York City.

Ketika berada di Big Apple – julukan New York City, Lee melihat ada sebuah mainan berbentuk taksi yang dilengkapi dengan tanggal ulang tahunnya pada bagian plat nomor. Lee berulang tahun pada tanggal 10 Oktober, dan mainan taksi tersebut menggunakan plat nomor NYC 1009. Sejak saat itu, Lee mulai giat mengumpulkan segala sesuatu yang berhubungan dengan taksi.

Hampir dua puluh tahun berlalu, Lee yang sudah memiliki segudang benda yang berbau taksi ini kemudian memutuskan untuk membuka museumnya sendiri. Awalnya, Lee hendak membuka museum di Okinawa, Jepang. Namun dengan segala pertimbangan, Lee lalu memutuskan untuk membeli sebuah gudang tua yang terletak di Suao dan mengkonversinya menjadi sebuah museum.

“Pembelian ini (gudang tua) merupakan hadiah ulang tahun saya yang ke-50,” ujarnya.

Adapun di antara sejumlah barang yang dipamerkan, Lee juga menampilkan lima buah taksi sungguhan – Mercedes Benz 180 keluaran tahun 1957, Datsun Bluebird 312 keluaran tahun 1962, Austin FX4 keluaran tahun 1967, Checker Marathon keluaran tahun 1972, dan Yue Loong Sunny 303 keluaran tahun 1988.

Baca Juga: Warna Warni Taksi di Bangkok Ternyata Merupakan ‘Kode’

Tidak hanya itu, ada juga beberapa becak mobil, seperti yang digunakan di Taiwan pada 1950-an, serta tiga generasi kendaraan Nissan Bluebird dari Jepang.

Bagaimana, apakah Anda tertarik untuk mengunjunginya?