Warna Warni Taksi di Bangkok Ternyata Merupakan ‘Kode’

Taksi warna warni di Bangkok

Setiap negara biasanya memiliki ciri khas taksi mereka masing-masing dengan warna sebagai pembeda. Di Indonesia ada warna biru, putih dan hitam, di New York terkenal taksi berwarna kuning (Yellow cab), sedangkan di London dengan Black Cab yang legendaris. Nah, tahukah Anda di Thailand, tepatnya di Bangkok taksinya berwarna-warni?

Baca juga: Liburan ke London Saat Musim Panas? Jangan Lupa Naik Cool Cab

Dilansir KabarPenumpang.com dari laman iamwannee.com, warna warni taksi di Bangkok ternyata merupakan sebuah kode. Taksi ini ada yang memiliki satu warna dan beberapa dua warna. Masih penasaran kode warna taksi?

Taksi dengan satu warna seperti hijau, merah muda, jingga, biru, merah dan lainnya merupakan taksi yang dimiliki oleh perusahaan dan pengemudi menyewanya. Sedangkan taksi dua warna seperti hijau dan kuning biasanya adalah taksi pribadi dimana milik perorangan atau pengemudi itu sendiri.

Taksi dua warna lainnya seperti biru dan merah adalah milik perusahaan yang tidak mengidentifikasi namanya. Tetapi pelancong bisa melihatnya dengan nama perusahaan dicat berwarana putih tepat di bagian samping taksi.

Bahkan warna-warna ini tak membuat perbedaan banyak dan tarifnya pun sama yakni dari 35 Bath dan meningkat 5,5 Bath berdasarkan jarak. Untuk tol penumpang harus membayarnya sendiri dan bila naik dari bandara akan ada tambahan biaya 50 Bath.

Satu hal lagi untuk memudahkan pelancong yang akan menumpang taksi di Bangkok yakni semua taksi sama tak ada pembeda. Panggil atau datangi taksi dan beri tahu tujuan Anda pada pengemudi bila ingin pergi kesuatu tempat.

Kemudian pilih taksi yang memiliki kondisi baik dan pengemudi yang sopan serta ramah. Terpenting adalah pilih taksi yang menggunakan argo meter mereka, karena jika pengemudi menolak menyalakannya dan menawarkan harga flat rate biasanya akan lebih mahal. Sehingga bila Anda tetap ingin memilih yang menggunakan argo meter baiknya ucapkan terimakasih dan mencari taksi lainnya.

Transportasi berwarna di Bangkok tidak terbatas hanya pada taksi, bus-busnya juga berwarna dan masing-masing warna menandakan ongkos, rute, kepemilikan yang berbeda, dan memiliki AC atau tidak. Bus reguler yang tidak berAC diwarnai kombinasi merah dan krem. Ini dioperasikan oleh Bangkok Mass Transit Authority (BMTA) dan merupakan layanan bus termurah di kota.

Baca juga: Gunakan Teknologi Pengenal Wajah, Taksi Jepang Hadirkan Iklan Sesuai Jenis Kelamin dan Usia Penumpang

Dengan polusi udara dan panas di Bangkok, bepergian dengan bus-bus ini bisa menjadi pengalaman mencoba, terutama pada siang hari dan jam-jam sibuk. Bus warna putih-biru tidak lebih baik dan tarifnya sedikit lebih tinggi.