University of Liege Sabet Gelar Juara Perhelatan Desain Kapal Ferry di New York

0
Sumber: maritime-executive.com

Nama University of Liege di Belgia sontak menjadi sorotan publik setelah salah satu kampus elit dunia tersebut memenangkan sebuah kompetisi yang dihelat oleh The Worldwide Ferry Safety Association (WFSA). University of Liege menyabet gelar juara setelah mengalahkan rivalnya dalam kategori desain kapal ferry yang aman dan terjangkau. Penyerahan hadiah akan dilakukan pada perhelatan Ferry Safety & Technology Conference di New York, Kamis (11/5/2017).

Sejumlah mahasiswa dari sembilan institusi menyerahkan rancangan mengenai kapal ferry yang mampu menampung 200 penumpang yang mampu mengarungi Sungai Chao Phraya di Bangkok Thailand dengan jarak kurang lebih 30 km tersebut, dengan beberapa kualifikasi, seperti faktor keamanan, biaya operasional yang terjangkau serta sesuai dengan letak tempat geografis yang telah ditetapkan sebelumnya. Pihak penyelenggara sepakat untuk menganugerahi tiga posisi pemenang dalam kompetisi ini, dimana University of Liege berhasil menyabet posisi pertama, disusul oleh Webb Institute pada posisi kedua, dan Indian Institute of Technology Kharagpur pada posisi ketiga.

Selaku Direktur Eksekutif WFSA, Dr Roberta Weisbrod mengatakan feri linier perkotaan tengah dalam  fase pertumbuhan di mana-mana, seperti yang terjadi di Bangkok dan New York. “Para siswa telah mendapatkan pengalaman yang berharga, terutama bagi para pemenang, yang juga turut serta dalam merancang sebuah pasar yang berkembang,” Ujar Roberta seperti yang KabarPenumpang.com lansir dari laman maritime-executive.com, Selasa (9/5/2017) kemarin.

Adapun beberapa pertimbangan yang dilakukan oleh pihak WFSA dalam menganugerahkan medali juara kepada University of Liege karena kapal yang mereka desain mengutamakan pemandangan yang tersaji sepanjang perjalanan. Selain itu, bangku khusus yang diperuntukkan pada para orang lanjut usia, penyandang cacat serta anak kecil terletak di dekat pintu keluar, sehingga memudahkan mereka untuk keluar dari ferry jika terjadi hal darurat selama perjalanan.

Sistem navigasi yang digunakan oleh desain ini juga memungkinkan nakhoda untuk dapat memantau kondisi sekitar, ditambah dengan posisi ruang kendali yang berada di atas perahu sehingga jarak pandang yang didapat pun menjadi semakin luas. Perahu ini semakin aman dengan terpasangnya pengaturan visibilitas pada saat malam serta sistem persinyalan yang dinilai amat penting untuk navigasi. Untuk faktor penunjang keselamatan lainnya, perahu ini juga menyediakan fitur keselamatan kebakaran termasuk insulasi api dari ruang mesin, persediaan selang kebakaran, alarm dan sinyal yang dapat didengar, serta peralatan hemat energi lainnya. Tersedianya alat pemadam darurat dan pengaturan generator seakan mempertegas sistem keamanan yang terpasang pada perahu tersebut.

Saat ini, kapal ferry yang dioperasikan oleh Chao Phraya Express Boat Company melayani pelayaran lokal serta mempromosikan pariwisata di Kota Bangkok dengan berbagai cara, salah satunya adalah mengantarkan pelancong yang datang untuk mengunjungi kuil, melihat kearifan lokal, beberapa landmark penting, serta area perbelanjaan yang dapat dijangkau dengan menggunakan kapal ferry ini.

Leave a Reply