Video: Dahsyatnya Mesin Concorde Saat Lepas Landas, Alarm Mobil Sampai Bunyi!

0
Sumber: The Christian Science Monitor

Sudah bukan rahasia kalau pesawat supersonik Concorde memiliki kekuatan mesin yang begitu dahsyat. Tetapi, seberapa dahsyat dan bising mesin Concorde?

Baca juga: Sejarah Concorde Mendarat-Lepas Landas dari Bandara Halim Perdanakusuma, Sonic Boom Bikin Kaca Pecah?

Di masanya, pesawat supersonik Concorde begitu menyita perhatian. Setiap hari, surat kabar, televisi, dan sejenisnya tak ada kata lelah meliput dan menginformasikan segala hal tentang Concorde dan turunannya. Namun, siapa nyana, 27 tahun setelah terbang perdana, sederet masalah pada pesawat ini akhirnya mengakhiri era penerbangan supersonik.

2 Maret 1969 merupakan kali pertama Concorde dengan prototipe pertamanya, Concorde 001, membelah angkasa. Kala itu, langit Toulouse di Perancis menjadi saksi bisu dari terbangnya prototipe ini selama kurang lebih setengah jam lamanya.

Sejak saat itu, dibutuhkan waktu sekira tujuh tahun lamanya bagi perusahaan yang dikembangkan oleh Aerospatiale (Perancis) dan British Aircraft Corporation untuk bisa memulai layanan komersialnya.

Penerbangan penumpang terjadwal perdana dari Concorde ini terjadi pada 21 Januari 1976, dimana maskapai Air France menjabani rute penerbangan Paris – Rio de Janeiro, dan British Airways yang melakoni rute penerbangan London – Bahrain.

Setelah penerbangan perdana sampai penerbangan penumpang berjadwal perdana, pamor Concorde terus meningkat sampai di puncak tertinggi. Namun, sederet masalah satu per satu menghampiri dan klimaksnya saat Concorde Air France (AF) dengan nomor penerbangan 4590 jatuh tak lama setelah lepas landas dari Bandara Charles de Gaulle Paris, Perancis pada 25 Juli 2000.

Selain memiliki masalah teknis, Concorde juga memiliki masalah non teknis. Tetapi ini tidak ada kaitannya dengan penerbangan secara langsung. Masalah tersebut tak jauh-jauh dari suara mesin Concorde yang menggelegar.

Dalam sebuah video unggahan tahun 2017 oleh Kanal YouTube Heathrow Aircraft, terlihat dan terdengar jelas bagaimana perbedaan suara deru mesin Rolls-Royce/Snecma Olympus 593 pesawat supersonik Concorde dan mesin pesawat lainnya semisal Boeing 777 British Airways.

Video diambil dari Colnbrook Village, dekat ujung Heathrow’s Runway 27 Right, menggunakan camcorder VHS. Teknologi kamera recorder di masa itu sudah pasti belum sebagus sekarang.

Alhasil, bagi sebagian avgeeks, termasuk sang perekam yang mengaku sebagai Steve, video tersebut tidak sepenuhnya menggambarkan betapa dahsyatnya suara mesin Concorde yang menggelegar.

Saking kerasnya suara mesin Concorde, alarm mobil diklaim sampai bunyi, meski belum ada bukti video terkait ini. Padahal, tak lama setelah lepas landas, afterburner atau mesin dimatikan untuk menghindari kebisingan berlebih.

Baca juga: Eksklusif: Foto Kabin Penumpang Concorde Saat Ngebut Secepat Kilat Menuju New York

Di masa sekarang, tak ada pesawat yang saking bisingnya membuat alarm bunyi, kecuali suara petir mengguntur. Mungkinkah suara mesin Concorde sama dengan suara petir?

“Bagi mereka yang tidak memiliki kesempatan untuk mengalami secara pribadi dan dekat, suara Concorde lepas landas, besarkan volume di tablet/ponsel Anda. Ini masih tidak benar-benar adil – itu adalah deru vulkanik yang luar biasa – sebagai saksi efek Concorde selalu pada alarm mobil di sekitar take off run!” tulis Steve dalam deskripsi video tersebut.