(Video) Kursi Pesawat Dekat Jendela Paling Kotor Diantara yang Lainnya

Boeing 787 Dreamliner milik Air Canada. Sumber: Airways Magazine

Banyak pelancong yang berbondong-bondong memilih duduk di kursi dekat jendela ketika di pesawat. Padahal ternyata itu adalah pilihan yang buruk bagi Anda sebagai penikmat keindahan langit dari dalam pesawat.

Baca juga: Meski Terlihat Bersih, Kursi dan Meja Lipat di Kabin Pesawat Dipenuhi Bakteri

Pasti muncul pertanyaan kenapa? Ini karena sebuah video belum lama muncul tentang kotornya kursi dekat jendela. Video ini viral dengan menunjukkan saat dirinya tengah membersihkan sandaran kepala dari kursi dekat lorong, kursi tengah dan dekat jendela.

Dilansir KabarPenumpang.com dari laman express.co.uk (4/9/2019), video tersebut memperlihatkan hal yang sangat mengkhawatirkan dimana kebersihan ketiga kursi tersebut berbeda. Bahkan kursi dekat jendela ternyata menghasilkan kotoran paling banyak.

Video ini memperlihatkan seorang perempuan yang naik maskapai Air Canada dan tengah membersihkan kursi debgan pembersih sanitasi berbasis alkohol. Dia mulai membersihkan dari bagian lorong hingga kursi dekat jendela yang ternyata hasilnya jauh lebih hitam dari kursi lainnya.

Kursi tengah menjadi terkotor kedua dan kursi dekat lorong berada diurutan ketiga. Seorang model bernama Naomi Campbell menganjurkan membersihkan kursi saat penumpang akan duduk.

Dalam video lain, Naomi yang menggunakan sarung tangan lateks memegang tisu antibakteri. Dia mulai membersihkan semuanya di sekitar kursi kelas bisnis pada penerbangan Qatar Airways.

“Ini yang saya lakukan di setiap pesawat yang saya naiki,” Naomi menjelaskan ketika dia menangkap kuman.

Sebuah studi oleh Insurancequotes.com tahun lalu menunjukkan meja nampan memiliki 11.595 unit pembentuk koloni kuman (CFU), menjadikannya area paling kotor kedua yang biasa digunakan pesawat. Pertama adalah tombol flush pada dudukan toilet, yang memiliki lebih dari 95.000 CFU.

Sementara itu, di bandara, tempat paling kotor adalah kios check-in sendiri, menurut penelitian oleh Quotes Asuransi. Ini mengharuskan penumpang untuk menggunakan layar.

Kios check in mandiri berisi rata-rata 253.857 CFU (bakteri dan sel jamur per inci persegi). Faktanya, hanya satu layar check-in mandiri yang mencatat lebih dari satu juta CFU.

Baca juga: Waduh! Air Panas Dalam Penerbangan Ternyata Berasal dari Saluran yang Sama dengan Toilet

Video viral yang mengejutkan telah menangkap seorang penumpang pesawat dalam penerbangan Qatar Airways melakukan gerakan yang agak tidak higienis. Klip menunjukkan selebaran pria bersin ke selimut maskapai penerbangannya dan kemudian menyeka hidungnya.