(Video) Pilot Buka Jendela Kokpit Saat Pesawat di Udara! Seketika, Ini yang Terjadi

0
Pilot uji Boeing dengan sengaja membuka jendela pesawat saat di udara. Foto: Tangkapan layar YouTube Papa Kilo

Di artikel sebelumnya, redaksi sudah pernah menulis tentang sederet insiden dimana penumpang pesawat komersial coba membuka pintu saat pesawat tengah di ketinggian. Meskipun itu tak pernah terjadi, tetapi, secara teori seharusnya itu mustahil, dengan syarat berada di ketinggian 30-40 ribu kaki. Di bawah itu, segalanya masih mungkin. Seperti pada video yang satu ini.

Baca juga: Penumpang Gigit Pramugari dan Coba Buka Pintu Pesawat di Udara, Mustahil!

Dlihat KabarPenumpang.com di channel YouTube Papa Kilo, seorang pilot uji Boeing tampak dengan sengaja membuka jendela kokpit pesawat dan membuat kokpit tanpa tekanan. Itu dilakukan bukan dalam penerbangan komersial bepernumpang, melainkan saat uji terbang pesawat Boeing 777 di ketinggian 6.000 kaki (1.829 m) di kecepatan 250 knot atau 463 km per jam.

Dari caption di Instagram Cessnateur yang juga memuat video yang sama dengan YouTube Papa Kilo, pilot yang tak disebutkan namanya itu mengungkapkan bahwa membuka jendela kokpit merupakan salah satu momen paling mengasyikkan. Lebih-lebih saat kepala keluar jendela dan melihat lurus ke depan tanpa terhalang apapun.

Selanjutnya, ia juga mengungkapkan bahwa membuka jendela kokpit saat pesawat mengudara merupakan pengalaman berharga bagi pilot. Hanya saja memang noise atau gangguan yang dihasilkan cukup tinggi sehingga membuat kokpit menjadi sangat bising.

Dalam video tersebut, baik video di Instagram maupun di YouTube Papa Kilo, tampak pilot dengan sengaja membuka jendela kokpit saat pesawat mengudara. Alih-alih tersedot dan terlempar keluar pesawat akibat dekompresi eksplosif, sang pilot tampak dengan enjoy menikmati penerbangan.

Tentu, karena ini sudah menjadi bagian dari skenario, dua pilot dan satu flight engineer yang ada sudah menggunakan pelindung mata atau sejenis kacamata untuk menghindari hembus angin kencang serta alat komunikasi berupa speaker dan headphone untuk saat kokpit menjadi sangat bising usai jendela kokpit dibuka.

Perlu dicatat, video ini ada, dimana pilot dengan sengaja membuka jendela kokpit saat pesawat di udara, bisa terjadi lantaran berada di ketinggian yang relatif rendah. Karenanya, ketika jendela kokpit dibuka, pesawat tetap terbang dengan kondisi kokpit tak bertekanan atau tanpa tekanan.

Itu pula mengapa pilot, kopilot, dan flight engineer tidak terhisap keluar lantaran tidak terjadi dekompresi eksplosif.

Baca juga: Bedah Jendela Pesawat, Inilah Bagian-bagian Beserta Fungsinya

Di video lain yang dimuat Papa Kilo, tampak pula pesawat Boeing 737 lepas landas dengan posisi salah satu cockpit windshield atau cockpit windownya terbuka.

Tetapi, di video ini, pilot tidak dengan sengaja membuka jendela pesawat, melainkan itu tiba-tiba terbuka saat pesawat mulai meninggalkan landasan. Jadi, dalam video ini insiden ini membuktikan pesawat dipastikan bisa lepas landas dengan jendela kokpit terbuka.