Wednesday, April 17, 2024
HomeHot NewsVintage Livery, Lori Dresin pun Tak Mau Kalah

Vintage Livery, Lori Dresin pun Tak Mau Kalah

Daerah Operasi (Daop) 4 Semarang memang hampir tak pernah kehabisan ide membuat kereatifitasnya. Khususnya ide membuat livery warna kolot (vintage) jaman era PJKA (Perusahan Jawatan Kereta Api).

Baca juga: Lori, Si Kereta Tebu Yang Kini Sudah Beralih Fungsi

Sebenarnya sudah ada lokomotif yang menggunakan livery vintage yang dimiliki Depo Induk Semarang ini. Lokomotif tersebut bernomor seri CC 201 83 31 dan CC 201 83 34. Kedua lokomotif tersebut sudah diubah warnanya menjadi jaman PJKA. Full 100 persen berubah total warnanya tetatpi logo perusahaan terkini PT KAI tetap dimunculkan pada lokomotif tersebut di kiri dan kanan serta logo roda bersayap PJKA bagian depan dan belakang dan tak ketinggalan emblem Wahana Daya Pertiwi yang terkenal saat jaman PNKA berada dibawah nomor seri lokomotif bagian kiri dan kanan.

Kedua lokomotif ber-livery PJKA sudah normal untuk melakukan perjalanan, namun baru lokomotif bernomor seri CC 201 83 31 saja yang sudah berkeliling pulau jawa menarik rangkaian penumpang maupun barang dari Jakarta hingga Banyuwangi. Sedangkan lokomotif seri CC 201 83 34 masih bermain di wilayah Daop 4 Semarang bahkan tak jauh dari Semarang Tawang dan Semarang Poncol.

Lori Istimewa Bercorak PJKA
Setelah kedua lokomotif diberi warna livery era 1953 – 1991 ternyata lori inspeksi pun tak mau ketinggalan. Ya, si mungil bertenaga diesel ini juga di beri livery vintage. Sama persis warna yang digunakan kedua lokomotif tersebut. Namun pada lori dresin ini tak dilengkapi dengan logo roda bersayap PJKA dan emblem Wahana Daya Pertiwi. Yang dimunculkan hanyalah logo KAI berwarna hijau tua. Namun begitu, warna lori dresin ini sudah terlihat mencolok dengan livery vintage-nya.

Lokomotif seri CC 201 83 31 milik Depo Induk Semarang Poncol diputar di Turntable Depo Cipinang, Jakarta
(Foto : Sendy Prasetya)

Baca juga: Livery Ultraman dan Ogre Hiasi Bodi Kereta JR Shikoku

 

Seperti diketahui bahwa lori dresin atau lori inspeksi digunakan untuk pejabat KAI ataupun pejabat perhubungan yang ingin meninjau jalur kereta api tanpa harus berjalan kaki. Lori ini berjalan sesuai jadwal kereta api yang dikeluarkan oleh kantor pusat untuk inspeksi ke wilayah – wilayah tertentu. Seperti meninjau area rawa bencana, meninjau rel kereta api, bangunan stasiun, jembatan, terowongan, ataupun perjalanan jarak menengah. (PRAS – Cinta Kereta Api)

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Yang Terbaru