Viral Video Penumpang Citilink ‘Kepanasan’ dan Delay 4 Jam

(Tribunnews)

Pesawat Citilink dengan penerbangan QG 011 yang seharusnya berangkat pukul 11.00 WIB dan tiba pukul 13.15 WIB keberangkatan dari Bandara Kualanamu menuju ke Halim Perdanakusuma mengalami penundaan. Hal ini dikarenakan adanya keluhan penumpang dalam kabin yang merasakan suhu sangat panas ketika hendak lepas landas.

Baca juga: [Video] Kondisi Mental Tak Stabil, Wanita ini ‘Ngamuk’ Kepada Petugas JetBlue

Karena masalah ini, pilot akhirnya memutuskan untuk kembali ke apron dan semua penumpang kembali ke ruang tunggu bandara dan pesawat tersebut dilakukan pemeriksaan untuk mengecek kondisi agar bisa kembali terbang. Kejadian ini viral karena seorang penumpang yang memvideokannya dan mengatakan sudah bayar mahal hampir Rp2 juta tetapi pesawat panas.

KabarPenumpang.com merangkum dari berbagai laman sumber, bahwa didalam video tersebut yang tersebar melalui grup WhatsApp terlihat penumpang gelisah dalam kabin. Beberapa orang mulai keluar dari kursi mereka danmenuju ke lorong. Ada juga penumpang yang berkipas-kipas dengan majalah dan diduga kepanasan.

“Dua juta loh tiket. Tapi lebih parah dari angkot ini,” ujar seorang penumpang perempuan dalam video yang viral tersebut.

Dengan viralnya video yang dikirimkan awalnya melalui WhatsApp, pihak maskapai berbiaya hemat (LCC) Citilink angkat bicara. Pjs Vice President Sales, Distribution and Charter Citilink Indonesia, Amalia Yaksa mengatakan pesawat tersebut mengalami penundaan penerbangan demi memberikan kenyamanan bagi seluruh penumpang.

Dia mengatakan, atas penundaan penerbangan itu, sesuai dengan ketentuan PM No.89/2015, seluruh penumpang QG 011 mendapatkan kompensasi yakni heavy meals dan voucher senilai Rp300 ribu per orangnya. Penumpang mendapatkan kompensasi tersebut dikarenakan pesawat mereka mengalami penundaan hampir lima jam. Setelah keterlambatan, penumpang QG 011 kemudian menaiki pesawat pengganti pukul 15.40 WIB dan tiba di Halim Perdanakusuma pukul 17.15 WIB.

“Citilink akan terus berupaya memberikan pelayanan yang terbaik bagi seluruh penumpangnya,” tambah Amalia.

Baca juga: Bocah Dimasukkan dalam Bagasi Kabin, Foto Pria ini Menjadi Viral

Ternyata kasus serupa juga pernah terjadi pada penerbangan maskapai terbesar di Indonesia yakni Lion Air dengan nomor penerbangan JT 523 dari Makassar menuju Banjarmasin yang terlambat selama empat jam karena menunggu seorang penumpang masuk pesawat. Karena terlambat terbang dan penumpang berada di dalam kabin, sebagian ada yang marah dikarenakan gerah serta kelaparan dan haus. Bahkan masalah delay tersebut, penumpang tidak mendapatkan kompensasi apapun.