Volvo 360c, Moda Otonom Bertenaga Listrik yang Punya Empat Desain Interior

Sumber: Volvo

Sadar bahwa belakangan ini fungsi mobil sudah bukan hanya sebatas instrumen untuk mobilitas saja, raksasa otomotif asal Swedia, Volvo berusaha untuk mewujudkan fungsi tambahan tersebut. Ya, untuk sebagian kalangan, mobil merupakan tempat dia untuk beristirahat, menghabiskan waktu, hingga melakukan beragam pekerjaan. Maka dari itu, Volvo mendesain 360c, revolusi kendaraan yang rencananya akan mulai dipasarkan pada tahun 2021 mendatang.

Baca Juga: Pangkas Human Error, Nanyang University Gandeng Volvo Hadirkan Bus Otonom

Seperti yang dikutip KabarPenumpang.com dari laman dailymail.co.uk (10/9/2018), Volvo 360c akan hadir sebagai moda otonom Level 5, dimana itu berarti moda ini sama sekali tidak membutuhkan tenaga manusia untuk mendampingi setiap perjalanannya. Menurut pihak Volvo, moda bertenaga listrik ini bisa mengaspal hingga jarak 186mil atau yang setara dengan 300km dalam sekali charge.

Berbeda dengan moda otonom bertenaga listrik lainnya yang terkesan tidak memperdulikan pengalaman penumpang, Volvo malah menjadikan titik tersebut sebagai kekuatan utama dari 360c. Volvo percaya bahwa apa yang mereka rancang ini merupakan gambaran masa depan dari setiap perjalanan Anda – perjalanan bebas stress karena macet dan lain sebagainya. Hanya perlu memasukan koordinat tujuan, Anda tinggal duduk manis dan Volvo 360c akan senantiasa mengantarkan Anda.

Sumber: Volvo

Kendati bagian luar dari moda ini terlihat seperti gabungan dari mobil SUV dan sedan, Volvo benar-benar mendandani interior 360c dengan sangat apik. Absennya stir dan instrumen lain yang biasa Anda lihat di dalam sebuah mobil, Volvo mengganti semua itu dengan desain layaknya sebuah kamar tidur, lengkap dengan konektivitas seluler seperti Wi-Fi, port listrik, dan lain-lain.

Tidak hanya bisa dijadikan ruang tidur saja, Anda pun bisa melakukan pertemuan bersama rekan bisnis Anda di dalam Volvo 360c. Jika butuh proyektor atau instrumen pendukung rapat lainnya, jendela Volvo 360c siap untuk menyediakan semuanya.

Sumber: Volvo

“Volvo 360c menawarkan empat opsi aktivitas yang dapat Anda lakukan selama berkendara – beristirahat, meeting, menerima tamu, dan hiburan. Semua ini seolah menata kembali tujuan utama dari perjalanan menggunakan moda otonom,” tulis Volvo dalam sebuah keterangan tertulis.

Volvo 360c menggunakan sistem lampu dan sinyal audio untuk memberi tahu para pengguna jalan tentang kehadiran moda tersebut – sebuah sistem yang diharapkan Volvo akan menjadi standar dalam cara kendaraan otonom dapat berkomunikasi dengan aman terhadap para pengguna jalan lainnya.

“Kami percaya bahwa sistem standar seperti itu akan memainkan bagian integral dalam membuat kendaraan otonom menjadi bagian dalam perjalanan realitas yang aman dan menyenangkan,” jelas Volvo.

Baca Juga: Volvo Indonesia Segera Hadirkan Bus AKAP

Jika ditinjau lebih mendalam, kehadiran moda-moda futuristik seperti ini dapat mempengaruhi kualitas hidup seseorang. Ambil contoh, semisal Anda diwajibkan untuk menghadiri sebuah pertemuan di luar kota pada pagi hari. Alih-alih menggunakan pesawat yang terkenal dengan harga tiketnya yang selangit, Anda bisa berangkat menggunakan Volvo 360c pada malam hari dan beristirahat selama perjalanan. Setibanya Anda ditujuan, Anda berada dalam kondisi bugar dan siap untuk menghadiri pertemuan tersebut. Keren, bukan?