Volvo Akan Luncurkan Electric Articulated Bus di Busworld Brussels Oktober 2019

Volvo 7900 Electric Articulated Bus. Sumber: electrek.co

Setelah pada pemberitaan terakhir menyebutkan bahwa Volvo baru saja merilis teknologi Volvo Dynamic Steering (VDS) yang akan memudahkan kinerja para pengemudi truk, kini pabrikan otomotif asal Swedia ini dikabarkan telah memperkenalkan varian bus artikulasi (bus gandeng) bertenaga listrik terbarunya. Tersedia dalam dua varian panjang yang berbeda, bus terbaru dari Volvo ini konon mampu mengangkut hingga 150 penumpang dalam sekali perjalanannya. Adalah Volvo 7900 Electric Articulated yang rencananya akan secara resmi diluncurkan pada bulan Oktober 2019 mendatang.

Baca Juga: Volvo Rilis Dynamic Steering, Teknologi yang Ringankan Kinerja Pengemudi

Adapun dua varian dari bus ini terbagi berdasarkan panjang moda – 18 dan 18,7 meter. Salah satu eksekutif dari Volvo mengatakan, “dan bus ini dirancang untuk memenuhi permintaan tinggi terhadap kapasitas, kenyamanan penumpang dan informasi lalu lintas, sementara pada saat yang bersamaan juga menawarkan pengoperasian yang efisien,”

Volvo 7900 Electric Articulated Bus ini sendiri menggunakan baterai yang akan melakukan pengisian ulang daya di setiap pemberhentian terakhir bus dan ketika bus tengah tidak beroperasi pada malam hari dengan menggunakan teknologi Combined Charging System (CCS).

“Volvo 7900 Electric Articulated Bus ini sendiri rencananya akan diperkenalkan kepada publik pada bertepatan dengan perhelatan Busworld di Brussels pada Oktober mendatang,” tandas eksekutif dair Volvo ini, dikutip KabarPenumpang.com dari laman insideevs.com (11/6/2019).

Menurutnya, bus ini sendiri didasarkan pada prototipe yang sejak Juni 2018 kemarin sudah memasuki masa uji operasi pada rute yang sarat akan kendaraan di Gothenburg, Swedia. Dikabarkan, kedua arian ini sudah menjajalan jalanan lebih dari 4.500 jam dengan jarak tempuh lebih dari 62.000km – tentu saja uji pengoperasian ini seolah mengindikasikan bahwa Volvo 7900 Electric Articulated Bus sudah siap untuk memasuki masa operasi konvensionalnya.

Baca juga: Lebih Dulu dari BYD, Scania Kirim Bi-Articulated Bus ke Brasil

Håkan Agnevall, presiden dari Volvo Buses menambahkan, “dengan bus listrik yang senyap dan bebas emisi yang dilengkapi dengan sistem keselamatan canggih, kami dapat membantu mengentaskan masalah yang kerap terjadi di perkotaan – yaitu soal kadar emisi, kebisingan, kemacetan, hingga kecelakaan lalu lintas,”