Lebih Dulu dari BYD, Scania Kirim Bi-Articulated Bus ke Brasil

Scania F 360 HA bi-articulated bus. Sumber: scania.com

Setelah pada artikel sebelumnya, disebutkan bahwa pabrikan otomotif asal Cina, BYD Automobile telah merilis bi-articulated bus pertama di dunia yang rencananya akan dioperasikan di TransMileno, Kolombia, ternyata beberapa minggu sebelumnnya, Scania telah terlebih dahulu mengirimkan moda serupa ke Brazil. Pengiriman bi-articulated bus ini merupakan bagian dari pembaruan jaringan Bus Rapid Transit (BRT) di kota Curitiba yang sudah ada sejak tahun 1970-an.

Baca Juga: Mampu Angkut 250 Penumpang, BYD Automobile Luncurkan Bus Listrik Terpanjang di Dunia

Jaringan BRT sepanjang 80km di kota Curitiba ini sendiri dioperatori oleh Viação Cidade Sorriso, sebuah operator lokal yang dikabarkan tengah melakukan peremajaan terhadap 246 armada busnya. Adalah Scania F 360 HA, bi-articulated bus yang dilengkapi dengan mesin berkekuatan 360hp dan dikembangkan dengan torsi 1.850 Nm pada putaran engine rendah untuk menghemat bahan bakar.

Mengutip dari laman scania.com (13/3/2019), bus F 360 HA milik Scania ini sendiri diproyeksikan untuk mengangkut total beban hingga 43,5 ton – beban angkut paling berat di pasar. Engine depan memberikan aksesibilitas yang lebih baik antara tiga bagian bus dengan kapasitas total 160 penumpang ini.

Nah, seperti yang sudah disinggung di atas, bus ini termasuk ke dalam kategori bi-articulated bus. Sebenarnya, apa maksud dari jenis bus ini? Bi-articulated bus ini sendiri merupakan sejenis bus artikulasi berkapasitas tinggi dengan gandar (axle) ekstra dan sambungan artikulasi (atau yang biasa dikenal dengan bordes jika di dunia perkeretaapian) kedua yang memungkinkannya membawa tiga kompartemen penumpang – alih-alih dua seperti yang sudah biasa Anda lihat di armada TransJakarta.

Sederhananya, bi-articulated bus ini merupakan ‘perpanjangan’ dari articulated bus atau bus gandeng satu yang sudah banyak ditemukan di berbagai kota – tidak terkecuali Jakarta. Karena panjang moda yang melebihi bus biasa, bi-articulated bus ini cenderung dioperasikan dalam rute inti dengan frekuensi penumpang yang tinggi atau skema angkutan cepat bus daripada di rute bus konvensional.

Baca Juga: BYD K9 – Inilah Bus Listrik untuk Koridor 13 TransJakarta

Sebenarnya, moda seperti ini sudah tidak asing lagi di mata dunia – sebut saja beberapa negara yang sudah mengoperasikan bi-articulated bus adalah Jerman, Belanda, hingga Kolombia.

Wah, berarti pengemudi yang mengoperasikan bi-articulated bus dituntut untuk memiliki kemampuan mengemudi dan perhitungan yang sempurna, ya! Salah-salah, nanti malah nyenggol kendaraan lain atau pembatas jalan ketika tengah berputar.