Volvo B8RLE, Bus Low-Deck yang Tawarkan Optimalisasi Biaya Operasional

Volvo B8RLE. Sumber: Autonesian.com

Dalam pagelaran Busworld South East Asia 2019 yang diadakan JIExpo Kemayoran, 21 – 23 Maret 2019, produsen otomotif asal Swedia, Volvo memboyong tiga bus untuk dipamerkan. Salah satu yang menarik perhatian para pengunjung adalah bus low-entry Volvo B8RLE. Bus ini digadang sangat ideal untuk digunakan di negara-negara berkembang, selain model low-deck yang akan memanjakan penyandang disabilitas.

Baca Juga: Volvo Rilis Dua Model Bus Terbaru Untuk Wisata dan Perjalanan Jarak Jauh

Volvo B8RLE dinilai cocok untuk rute pengoperasian bus dengan kapasitas penumpang tinggi yang membutuhkan aktivitas keluar masuk dengan cepat. Selain itu, Volvo B8RLE juga dirancang untuk memenuhi permintaan aplikasi lalu lintas kota, antar kota, dan juga perkotaan. Bus ini sendiri dilengkapi dengan mesin Volvo B8 yang terkenal sebagai mesin paling hemat bahan bakar. Dengan kata lain, perusahaan yang mengoperasikan bus ini dapat mengoptimalkan biaya operasional secara keseluruhan.

Pada awal perakitannya, bus ini ditujukan untuk mengganti peran dari B7RLE dan B9RLE. Volvo B8RLE sendiri sudah mulai diproduksi Volvo sejak tahun 2013 silam, dimana right-hand version dari bus ini dirilis satu tahun berselang (2014). Bus yang masuk ke dalam model two-axle low entry single deck citybus ini menggunakan transmisi ZF Ecolife 6AP1200 B 6 speed automatic gearbox dengan pemberhentian bus netral.

Pilihan kecepatan maksimal yang dibatasi secara elektronik pun tersedia dalam empat varian – 60 km per jam, 70 km per jam, 80 km per jam dan 90 km per jam.

Sementara untuk sistem pengereman, Volvo B8RLE menggunakan EBS 5 brake system – sistem pneumatik yang dikendalikan secara elektronik. Rem cakram depan dan belakang juga turut disematkan pengatur rem otomatis. Anti-lock braking pada Volvo B8RLE juga memiliki fitur kontrol traksi, door brake interlock, indikator suhu rem, hingga indikator keausan kampas rem.

Baca Juga: Volvo Hadirkan Paket Keselamatan Pengemudi Bus Euro 6

Sejak awal perakitannya, terhitung sudah ada sejumlah negara yang mempercayakan Volvo B8RLE sebagai armada andalan mereka. Sebut saja lima perusahaan asal Australia yang mengoperasikan Volvo B8RLE – Brisbane Transport, Transdev NSW, Transperth, Transit System NSW, dan Ventura Bus Lines. Adapun negara lain yang juga telah mengoperasikan Volvo B8RLE adalah Inggris, Korea Selatan, dan Filipina. Penasaran dengan sosok bus low deck modern ini? Simak video-nya di bawah ini.